Pemkab Probolinggo Buka Lelang Jabatan Kepala 2 OPD

825

Kraksaan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Probolinggo berencana akan kembali menggelar seleksi terbuka jabatan pratama. Sebab, pada akhir tahun akan ada 2 organisasi perangkat daerah (OPD) yang tak punya kepala dinas definitif.

“Insyaallah akan kembali menggelar seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama. Karena ada 2 OPD yang kosong pada akhir tahun,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo, Doddy Nur Baskoro kepada wartabromo.com, Rabu (26/8/2020).

Dua OPD itu adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Jabatan Kepala Disperindag kosong setelah Dwijoko Nurjayadi digeser sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Saat ini, Disperindag dipimpin sementara oleh Taufik Alami. Pria yang menjabat Sekretaris Disperindag ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) kepala dinas oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari.

OPD lain yang akan kosong adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip). Instansi yang beralamat di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan itu, dipimpin oleh dr. Endang Astutik. Mantan Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan itu, akan pensiun di akhir tahun 2020.

“Jika tidak ada perubahan, maka seleksi terbuka diperuntukkan bagi 2 jabatan itu. Namun, kami masih menunggu petunjuk dari ibu bupati,” ujar Doddy.

Selain Disperindag, ada juga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang tak memiliki pimpinan definitif setelah Slamet Riyadi selaku Kadispendukcapil pensiun. Kini jabatan itu, dirangkap oleh Asisten I Setda Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo.

Untuk jabatan ini, Pemkab Probolinggo sebenarnya telah melakukan seleksi. Bersama dengan seleksi jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) dan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Dissatpol PP). Ada tiga kandidat yang lolos seleksi akhir. Mereka Munaris (Camat Pajarakan), Jurianto (Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah) dan Agus Setijono (Sekretaris Dispendukcapil).

“Kami masih menunggu persetujuan dari kementerian dalam negeri. Karena memang untuk Dispendukcapil wewenangnya ada disana. Ya tak jauh dari 3 nama itu yang nanti dilantik,” tandas Doddy. (saw/ono)