Pemkot Pasuruan dan BNI Teken MoU tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Perbankan

1049
CENDERA MATA: Head Of Region BNI Wilayah Malang, Beby Lolita Indriani menerima cendera mata dari Plt Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo usai penandatanganan kesepakatan, Selasa (15/9).

Pasuruan (Wartabromo.com) – Jalinan kerjasama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan Pemerintah Kota Pasuruan terus berjalan baik. Pada Selasa (15/9), jalinan kerjasama kembali diwujudkan dalam  proses penandatanganan Perjanjian Nota Kesepahaman (MoU). MoU ini berisi tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan melalui layanan e-Channel (e-PBB).

Layanan tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan BNI dalam penerapan program Gerakan Menuju 100 Smart City melalui elektronifikasi transaksi keuangan, dimana Pemerintah Kota Pasuruan menjadi Smart City berikutnya. BNI siap mendukung Pemerintah Kota/Kabupaten dengan memberikan kemudahan layanan dan solusi transaksi non tunai (cashless), jaringan dan channel BNI yang luas, serta solusi pengelolaan untuk belanja dan penerimaan pendapatan daerah.

TANDA TANGAN MoU: Head Of Region BNI Wilayah Malang, Beby Lolita Indriani menandatangani Nota Kesepakatan dengan Pemkot Pasuruan disaksikan Plt Walikota Raharto Teno Prasetyo dan Pj Sekda Kota Pasuruan, Anom Surahno.

Proses penandatanganan Perjanjian Nota Kesepahaman ini dilakukan di Gedung Untung Suropati Kota Pasuruan. Penandatangan MoU ini dihadiri oleh  Plt. Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo dan Head Of Region BNI Wilayah Malang, Beby Lolita Indriani.

Beby Lolita Indriani menuturkan, BNI Smart City merupakan salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi (TIK). Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya dan untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya.  Dengan layanan BNI Smart City ini akan mewujudkan layanan perbankan unggulan berbasis digital dan infrastruktur yang handal serta dukungan berbagai  jaringan dan channel, BNI juga berkomitmen untuk memberikan solusi  bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kota cerdas atau smart city.

BERPOSE: Plt Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo didampingi Pj Sekda Anom Surahno berfoto bersama dengan Head Of Region BNI Wilayah Malang, Beby Lolita Indriani dan Pemimpin Cabang BNI 46 Kantor Cabang Pasuruan, Rinto Indra Irawan (kanan).

“BNI Smart City yang kami kembangkan memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan transparansi publik melalui sistem elektronik dalam kegiatan pemerintahan, serta memudahkan dalam efisiensi pengelolaan sistem pemerintahan,” ujar Beby Lolita Indriani.

BNI berusaha menjadi banking partner Pemerintah Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Kerjasama ini juga dapat menjadi langkah strategis untuk menjadikan BNI sebagai “one stop banking solution” dan bank pendamping utama bagi pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kota Pasuruan dan Pemkot/Pemkab di seluruh Indonesia. Cross selling atas semua produk BNI secara menyeluruh merupakan salah satu solusi untuk memberikan layanan yang terbaik dan memenuhi semua kebutuhan nasabah terhadap perbankan.

Solusi yang dapat BNI berikan bagi pemerintah kota/kabupaten antara lain; Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit), Solusi Penerimaan sebagai bentuk kerjasama BNI dengan Pemerintah Daerah di banyak kota di seluruh Indonesia dalam mendukung program Gerakan Menuju 100 Smart City antara lain: e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi Pasar serta BNI Marketplace Pemda yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online, dan penyediaan uang elektronik (BNI Tapcash & Link Aja) bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai.

Sistem pembayaran yang digunakan dalam e-PBB adalah sistem yang terintegrasi secara ‘Host to host’ antara server BNI dengan Pemerintah Kota Pasuruan, sehingga membantu Pemerintah Kota dalam memantau dan menerima laporan PBB ini secara “On time” dan “Real time”, serta memudahkan masyarakan Kota Pasuruan ataupun investor yang akan masuk ke Kota Pasuruan dalam melakukan pembayaran kewajiban.

Jumlah e-PBB yang sudah live di Wilayah Malang saat ini adalah Batu, Blitar, Banyuwangi dan Kediri. Jumlah ePDAM di Wilayah Malang adalah sebanyak 13 kota/kabupaten.
Sedangkan Layanan Smart City BNI lainnya di seluruh Indonesia antara lain ePBB sudah live di 24 kota dan 5 kota on progres, juga terdapat lebih dari 35 kota untuk ePDAM,  eSamsat  yang sudah live sebanyak 4 kota dan 5 kota on progress, ePajak Daerah 5 kota sudah live dan 1 kota on progress, eRetribusi Pasar 4 kota sudah live dan  2 kota on progress, dan juga Marketplace Pemda sudah live di lebih dari 11 kota/kabupaten.

Dengan berbagai kemudahan yang disiapkan BNI melalui layanan BNI Smart City tersebut sinergi BNI dengan Pemerintah Daerah akan memberikan banyak faedah bagi semua pihak dan masyarakat untuk bertransaksi dengan cara lebih cerdas. (day/*)