Ketua KPU RI Positif Covid-19

520
Ketua KPU RI, Arief Budiman.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ketua KPU RI, Arief Budiman dinyatakan positif covid-19 pada saat ia menjalani tes swab pada 17 September 2020.

Dari keterangan yang dihimpun, alumni Unair ini melakukan tes swab untuk memenuhi syarat menghadiri rapat di Istana Bogor, Sabtu (18/09/2020) keesokan harinya.

Hasil tes menunjukkan positif, sehingga kehadirannya dalam rapat tersebut diwakili oleh anggota KPU. Padahal, sehari sebelumnya, Arief Budiman juga melakukan rapid test dengan hasil non-reaktif.

Dikutip dari Detik.com, KPU dan Bawaslu Jumat (17/09/2020) sebenarnya memiliki agenda rakorsus dengan Menko Polhukam Mahfud Md. Rapat tersebut akan membahas terkait penegakan hukum pilkada di masa pandemi COVID-19.

Sabtu dinihari, Arief Budiman langsung melakukan karantina mandiri, karena tidak ada gejala covid-19, seperti batuk, pilek, panas, maupun sesak nafas.

Setelah itu seluruh orang yang berada di rumah dinas KPU untuk menjalani tes swab, termasuk Arief sendiri melakukan tes ulang.

Semua kegiatan dan pekerjaan KPU RI akan dilaksanakan secara daring / bekerja di rumah, dimulai sejak 18-22 September 2020. Sedangkan 19 September akan dilaksanakan sterilisasi rumah dinas dan kantor KPU.

“Saya tetap menjalankan aktivitas dengan cara WFH dan daring,” tutur Arief Budiman dalam pesannya. (trm/asd)