Mau Diet? Yuk Coba Kebiasaan Kecil Ini Saat Pagi

1678

Pasuruan (Wartabromo.com) – Mungkin, bagi sebagian orang menurunkan berat badan mempunyai tantangan tersendiri. Sudah olahraga, jaga pola makan, tapi jarum timbangan tak kunjung bergerak ke kiri.

Mengutip detik, ada 4 kebiasaan sederhana di pagi hari yang tanpa disadari bisa dengan mudah menurunkan berat badan. Apa saja?

1. Minum air putih

Bukan  rahasia lagi jika minum air putih baik untuk kesehatan. Terlebih, ketika membiasakan minum air putih saat bangun tidur. Kebiasaan tersebut bukan hanya menggantikan cairan yang hilang, tapi juga dapat mengontrol berat badan. Pasalnya, air putih dapat  mengurangi nafsu makan dan tidak mudah lapar.

Menurut studi, air putih dapat mengurangi 13% jumlah kalori. Penelitian tersebut dilakukan pada 24 orang dewasa yang mengkonsumsi 500 ml air putih.

2. Berjalan kaki

Salah satu penelitian menyebutkan, berjalan kaki dapat menurunkan berat badan dan mampu mengurangi risiko berat badan bertambah. Wah, cara sederhana yang dapat dilakukan di mana saja dan murah meriah ya.

3. Paparan sinar matahari

Sinar matahari pagi memang menyimpan segudang manfaat. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh, terpapar sinar matahari secara rutin juga dapat mempengaruhi berat badan. Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian lho. So, tidak ada salahnya membiarkan sinar matahari pagi masuk melalui jendela dan tidak menghindarinya.

4. Sarapan

Banyak yang menghindari sarapan lantaran takut berat badan naik. Sayangnya, kepercayaan tersebut salah besar.

Fakta di lapangan menunjukkan, sarapan menu kaya akan protein justru dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, protein dapat menurunkan kadar ghrelin, hormon tubuh yang berfungsi mengirim sinyal lapar ke otak.

Jadi, coba deh ganti menu sarapan dengan telur, yogurt, dan kacang-kacangan. (bel/ono)