Makam Bayi Gemparkan Warga Leces

2604

Leces (wartabromo.com) – Sebuah kuburan bayi membuat gempar warga Dusun Krajan, Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo pada Jumat pagi, 2 Oktober 2020. Kuat dugaan, mayat bayi itu memang sengaja dikubur ibunya.

Kuburan itu berupa gundukan tanah. Pertama kali ditemukan sekitar pukul 08.30 WIB oleh warga RT 3, RW 1. Berawal dari kecurigaan ada gundukan tanah dengan bunga di atasnya. Padahal sebelumnya tak ada pemberitahuan adanya warga yang meninggal dunia.

Karena mencurigakan, warga kemudian memutuskan membongkar gundukan itu. Setelah dibongkar, terlihat kain warna putih (kafan) dari gundukan tanah itu. Ternyata isinya sosok bayi yang sudah meninggal.

“Warga kemudian melapor ke saya dan laporan itu saya teruskan ke desa dan kepolisian. Bayi itu ditemukan dalam kondisi dikubur. Tapi warga sekitar tidak ada yang mengakui kalau itu bayi mereka,” tutur Ketua RT 1, Bakar.

Anggota Polsek Leces yang datang ke lokasi kemudian mengevakuasi mayat bayi itu ke Puskesmas Leces. “Langsung dibawa pak polisi ke Puskesmas. Saya tidak tahu jenis kelamin bayi itu. Karena belum dibuka semua kainnya,” ungkapnya.

Oleh polisi, mayat bayi itu lantas dibawa ke kamar mayat RSUD Waluyo Jati Kraksaan, guna autopsi dan visum penyebab kematiannya. Juga mencari petunjuk siapa ibu dari jabang bayi malang tersebut.

“Kami masih selidiki kasus penemuan bayi dalam kondisi dikubur ini. Sebab tak ada warga yang mengakui sebagai orang tuanya. Penyelidikan juga ditangani Polres,” kata Kanitreskrim Polsek Leces, Bripka Eko Aprianto. (lai/saw)