Kamu Pengemudi Pemula? Yuk Simak Tips Mengemudi Mobil Mundur

1441

Pasuruan (Wartabromo.com) – Ketika tak memiliki opsi putar balik, berjalan mundur adalah pilihannya. Namun, bagi pengemudi mobil pemula, memundurkan mobil merupakan tantangan.

Mengutip CNN Indonesia, jam terbang mengemudi memang menjadi penentu lihai tidaknya memundurkan mobil. Tak luput, konsentrasi juga bisa menentukan.

Sebenarnya, apa saja sih yang perlu diperhatikan pengemudi saat mundur?

1. Jangan hanya mengandalkan spion

Mobil, memiliki 3 spion yang bertugas memantau area belakang saat akan mundur. Tapi, jangan hanya mengandalkan spion.

Pengemudi disarankan menoleh ke belakang lantaran masih ada blind spot yang tak dapat dijangkau. Tengoklah ke belakang sembari meletakkan tangan kanan pada kemudi. Sementara tangan kiri dilepaskan dari kemudi.

Selanjutnya, arahkan kepala menoleh ke belakang dari sebelah kiri. Barulah injak gas perlahan untuk mengemudikan mobil mundur.

2. Tetap lihat ke depan dan rileks

Selain memperhatikan area belakang, pengemudi juga harus melihat ke depan. Tengoklah spion, untuk memastikan ada tidaknya objek lain yang menghalangi.

Tak hanya itu, melihat sisi depan akan membantu mobil mendapatkan posisi lurus dan rapi. Terlebih, saat memarkirkan mobil.

Saat mengemudi mobil mundur, pengemudi memang harus memperhatikan situasi dan kondisi di belakang mobil. Walau begitu, bukan berarti kita sama sekali tidak melihat sisi depan mobil.

Sambil melihat ke belakang, lihat sekilas sisi depan. Perhatikan juga spion mobil, apakah ada objek yang menghalangi atau tidak. Pastikan saat mobil bergerak ke belakang, moncong mobil tidak menabrak objek lain di sekitar.

Memperhatikan sisi depan juga membantu mendapatkan posisi mobil yang lurus dan rapi, terutama saat mobil parkir. Terakhir kita diharapkan tetap tenang dalam mengemudi

3. Pahami arah roda dan kemudi

Bagi pengemudi pemula, menguasai arah roda dan kemudi untuk memundurkan mobil adalah hal membingungkan. Tak jarang, pengemudi pemula salah memutar kemudi.

Nah, supaya lebih mudah, trik ini bisa menjadi pedoman. Ketika ingin roda bergerak mundur ke arah kanan, maka putar kemudi ke arah kanan juga. Hal itu berlaku juga jika pengemudi ingin mundur ke arah kiri, maka putar kemudi ke arah kiri.

Satu yang tak boleh ketinggalan, sering-sering berlatih mundur.

4. Pelan

Menemudikan mobil mundur, haruslah pelan-pelan dengan memanfaatkan rem untuk atur kecepatan. Selain itu, pedal gas juga diinjak perlahan.

So, biasakan kaki untuk bergerak refleks untuk mengurangi risiko salah injak pedal ketika mundur. Pasalnya, jika sampai salah injak pedal, pasti akan berakibat fatal.

Selain keempat trik yang dijelaskan sebelumnya, yang tak boleh ketinggalan adalah tetap rileks. Jangan sampai mengemudi dengan kondisi tegang ya. (bel/ono)