Bantu Pertumbuhan Tulang Bayi dengan Deretan Makanan Pendamping ASI Ini

1318

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Makanan pendamping ASI (MPASI) memiliki peran penting dalam pertumbuhan si kecil. Kalsium menjadi nutrisi yang tak boleh ketinggalan dalam MPASI lantaran berkaitan dengan perkembangan tulang.

Mengutip kumparan, Dokter Gizi, dr. Diana F. Suganda menjelaskan, bayi usia 6-12 bulan membutuhkan 270 miligram kalsium. Sedangkan anak berusia lebih dari 12 bulan membutuhkan lebih dari 600 miligram.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada MPASI yang diajurkan. Apa saja?

1. Yoghurt

Sebagaimana diketahui, yoghurt baik untuk pencernaan. Ternyata, yoghurt juga mengandung zat-zat protein, kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium yang baik bagi perkembangan tulang si kecil. Maka dari itu, yoghurt bisa dijadikan campuran makanan si kecil.

2. Ikan Salmon

Bukan rahasia lagi kalau ikan salmon kaya akan protein. Karuan saja, salmon sering direkomendasikan sebagai menu MPASI untuk memenuhi kebutuhan sumber protein hewani. Sementara kandungan omega-3, DHA, dan AHA yang tinggi pada ikan salmon baik untuk perkembangan otak dan tulang bayi.

3. Ikan Sarden

Sarden menjadi salah satu MPASI baik untuk kesehatan tulang bayi. Kandungan kalsium yang tinggi, zat besi, protein, vitamin D, vitamin B, dan Zinc menjadi alasan memilih ikan sarden jadi MPASI. Tak hanya itu, sarden juga mengandung tinggi lemak omega 3 yang bagus bagi penglihatan bayi, kesehatan jantung, perkembangan sistem saraf pusat, dan pertumbuhan sel.

4. Tahu

Selain ikan, ada pula sumber protein nabati yang bisa dijadikan tambahan menu MPASI. Salah satu bahan yang bisa dipilih adalah tahu. Namun, tahu lebih baik diberikan kepada bayi ketika buah hati sudah menginjak usia 8 bulan. Pasalnya, tahu termasuk makanan yang sulit dicerna. Makanan berbahan dasar kedelai ini kaya akan kalsium, zat besi serta rendah lemak dan bebas kolesterol.

5. Bayam

Bayam sering diidentikkan dengan sumber kekuatan. Berbagai kandungan nutrisi ada dalam makanan favorit popeye ini. Mulai dari vitamin A, vitamin C, fosfor, tiamin, folat, kalium, magnesium, natrium, asam pantotenat, niacin, riboflavin, besi, selenium, tembaga, antioksidan, dan mangan.

Selain bayam hijau, ada pula bayam merah yang kandungan kalsiumnya lebih tinggi. Maka dari itu, bayam merah baik diberikan pada bayi agar di tumbuh dengan optimal.

6. Brokoli

Sayuran hijau lain yang bisa diberikan kepada bayi yang  memerlukan MPASI adalah brokoli. Asam folat, kalisum yang dikandung brokoli diketahui baik untuk perkembangan otak dan tulang bayi. Bukan itu saja, vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk meregenerasi kulit dari kerusakan. Kandungan lain yang tak ketinggalan dari brokoli adalah antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker atau penyakit kardivaskuler.

7. Plum

Buah satu ini mengandung tinggi serat yang berguna untuk membantu menjaga keteraturan usus maupun mengatasi sembelit. Selain itu, ada pula vitamin A, C, dan beta-karoten serta rendah kolesterol, bebas natrium, serta kandungan gula alami. Plum juga mengandung kalsium yang sangat baik bagi perkembangan tulang si kecil. (bel/ono)