Wali Kota Probolinggo Sebut Peran Santri Penting Dalam Pencegahan Covid-19

817
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menggelar pacara bendera, memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-enam tahun 2020. Wali Kota Probolinggo menyebut santri punya peran penting dalam pencegahan Covid-19.

Upacara bendera itu digelar Pemkot Probolinggo dengan peserta terbatas, Kamis (22/10/2020) pagi. Peserta upacara hanya berkisar 30 orang dari kalangan santri dan ASN Pemkot Probolinggo. Sementara tamu undangan hanya melibatkan perwakilan ulama pondok pesantren, Ormas Islam dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin yang bertindak sebagai inspektur upacara, menyebut sejumlah bukti kecintaan santri, kiai dan kalangan pesantren terhadap Negara Indonesia. Perjuangan, perlawanan dan upaya mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang dilakukan kaum santri dan kiai di masa lalu, tercatat dalam sejarah.

“Hari Santri kali ini bertema ‘Santri Sehat, Indonesia Kuat’. Jadi, peran santri dan pesantren sangat penting dalam upaya pencegahan penyakit, utamanya di masa pandemi ini,” ucapnya saat memberikan amanat.

Karenanya Habib Hadi mengimbau santri untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebagai bentuk jihad kekinian dalam menekan penyebaran Covid-19. “Ini adalah sebuah momentum bagi santri untuk berjihad. Jika dulu memakai senjata, maka saat ini adalah dengan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Upacara HSN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya digelar di alun-alun kota setempat, dengan jumlah peserta dan undangan umumnya lebih dari seribu orang.

Namun pada masa pandemi ini kegiatan tersebut dialihkan ke Kantor Pemkot Probolinggo, dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seperti harus memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak.

Meski demikian, hal itu tak mengurangi khidmatnya upacara bendera Hari Santri Nasional dengan ciri khas seluruh undangan dan peserta upacara mengenakan sarung ala santri. Pada momentum tersebut, Habib Hadi menyerahkan sejumlah piagam penghargaan yang telah di raih beberapa OPD dan kelurahan. (lai/saw)