Kaca Mobilmu Baret? Ini Tips Ngilanginnya

1810

Pasuruan (Wartabromo.com) – Baret pada kaca mobil sering mengganggu penglihatan. Tak hanya mengganggu penglihatan, kaca yang baret juga merusak penampilan mobil.

Lantas, bagaimana supaya baretnya hilang?

Beberapa sumber menyebutkan, ada cara mudah membersihkan baret pada kaca mobil. Tips ini bisa dilakukan untuk baret ringan ya.

1. Menggunakan pasta gigi

Membersihkan memakai pasta gigi cukup mudah. Cukup oleskan pasta gigi yang mengandung pemutih di kaca yang baret menggunakan handuk kering. Setelah pasta gigi dioleskan, bersihkan menggunakan air. Lakukan hal itu berulang sampai baret benar-benar hilang. Selanjutnya, biarkan kaca mobil mengering sendirinya.

2. Menggunakan kompon mobil

Kompon biasanya dijual di toko perlengkapan mobil atau di bengkel. Penggunaannya sama, hanya dengan mengoleskan pada kaca mobil yang baret. Gosok perlahan menggunakan kain lembut.

Satu hal yang perlu diingat, lantaran terbuat dari oil based, biasanya kaca mobil akan menjadi buram ketika terkena air hujan. Tapi itu hanya bersifat sementara. Setelahnya, kaca mobil akan kembali bersih dan bening.

3. Menggunakan cerium oxide

Cerium oxide merupakan salah satu bubuk poles yang befungsi untuk membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengkilap. Sebelum mengaplikasikan cerium oxide, kaca mobil perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Kemudian ampelas kaca sampai lapisannya rata. Pastikan kaca dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan ketika mengampelas kaca. Kemudian, bersihkan kaca, dan tunggu sampai kondisi kaca mengering.

Selanjutnya, pembuatan campuran poles kaca. Campuran ini terdiri dari cerium oxide yang dicampur dengan air sampai teksturnya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Sebelum itu, bagian pinggiran kaca sebaiknya diberi alas koran supaya tidak terkena campuran ini. Baru lah oleskan kaca yang baret dengan sedikit ditekan menggunakan campuran pemoles tadi. Jika sudah, bersihkan cairan menggunakan kain lembut dan bersih.

4. Menggunakan cairan amonia

Kalau cara yang satu ini sedikit repot. Amonia biasanya tersedia di apotek atau toko bahan kimia.

Sebelum digunakan, campurkan 15 mililiter cairan amonia ke dalam 0,5 liter air, lalu ada sampai merata. Siapkan kain bersih berbahan katun untuk dicelupkan dalam cairan. Gosokkan kain tersebut pada kaca mobil yang baret secara perlahan dan lembut. Diamkan beberapa saat sampai cairan amonia menyerap. Jika sudah, bersihkan kaca mobil secara keseluruhan. Ulangi langkah tersebut sampai baret hilang.

Oiya, yang perlu diingat, amonia adalah bahan kimia. Jadi, tetap berhati-hati dan memastikan cairan tidak meluber ke bagian mobil lain.

(bel/ono)