Sungai di Gempol Kembali Dipenuhi Busa

827
Sungai Kaliputih, Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan yang kembali dipenuhi busa, Selasa (27/10/2020). Foto: Istimewa.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Warga Dusun Kalauputih, Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan kembali dibuat geger, Selasa (27/10/2020).

Pasalnya, untuk kali kedua, sungai yang membelah wilayah dusun setempat kembali dipenuhi busa.

Dari keterangan warga, buih yang memenuhi sungai Kaliputih itu sudah terlihat sejak pukul00. “Ikan di kolam banyak yang mati,” kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Kepala Desa Sumbersuko, Saiful Maarif, menyatakan, sebelumnya, peristiwa serupa terjadi pada Agustus lalu. Kala itu, buih setinggi satu meter lebih memenuhi sungai dusun setempat.

“Ternyata tadi muncul lagi,” jelas Saiful kepada WartaBromo, Selasa (27/10/2020) malam.

Pihaknya menduga, buih yang muncul hingga beberapa jam itu berkaitan dengan peristiwa sebelumnya.

“Mungkin ini sisa buih yang kemarin, karena kena hujan jadi terbawa arus air,” ungkapnya saat ditemui di kantor balai desa Sumbersuko.

Ia mengungkapkan, sebelumnya, penyebab busa berasal dari deterjen pabrik pencucian tong bekas. Karena tidak punya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sisa cucian kemudian ditampung di kolam penampungan. Karena tidak muat akhirnya meluber ke sungai.

Menurut penuturan Saiful, pabrik tersebut sebelumnya adalah bekas pabrik PT Klampis Ireng yang bangkrut dan disewakan oleh oknum ke pemilik pabrik pencucian tong. (oel/asd)