Keluarga Si Janda Bolong yang Tak Kalah Memikat

1844

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Monstera adansonii atau lebih dikenal dengan janda bolong memang tengah naik daun. Namun ternyata, ia tak sendirian.

Mengutip CNN Indonesia, ada jenis Monstera lain yang cukup memikat hati selain janda bolong.
Yuk kenalan sama mereka!

1. Monstera siltepecana

Tak kalah seksi dengan ‘janda bolong’, Monstera siltepecana juga menawarkan lubang-lubang menawan. Sayangnya, lubang-lubang itu akan muncul ketika tanaman sudah dewasa. Sebelum itu, daunnya tampak solid dan memanjang.

Warna daun monstera siltepecana pun cukup berbeda dari jenis lainnya. Daunnya berwarna kebiruan dan berubah menjadi hijau gelap saat dewasa. Sekadar diketahui, di habitat aslinya, Monstera siltepecana tumbuh menjalar dan ‘memeluk’ pohon besar.

Baca Juga :   Salah Kaprah Janda Bolong Tanaman Mahal

2. Monstera obliqua

Tampilan Monstera obliqua sekilas memang mirip si janda bolong. Namun, nyatanya kedua tanaman ini berbeda. Bolong-bolong pada Monstera obliqua lebih banyak ketimbang Monstera adansonii. Daunnya yang tipis membuat tanaman ini ringkih. Meski begitu, tanaman ini termasuk jenis yang mahal. Pasalnya, obliqua tergolong tanaman langka.

3. Monstera deliciosa

Monstera ini memiliki daun berukuran sangat besar. Tampilannya terbilang unik lantaran bagian daunnya memiliki belahan di tepi. Monstera deliciosa juga memiliki lubang daun berukuran kecil di sekitar tulang daun. Jenis ini masih cukup mudah ditemukan dan banyak di pasaran.

4. Monstera borsigniana

Kalau Monstera obliqua mirip Monstera adansonii, banyak orang yang menganggap Monstera borsigniana adalah Monstera deliciosa. Padahal mereka tak sama lho.

Baca Juga :   Salah Kaprah Janda Bolong Tanaman Mahal

Cara membedakannya cukup mudah. Perhatikan saja batangnya. Pada batang Monstera deliciosa terdapat sejenis ‘ruffle’ yang terhubung dengan daun. Sementara Monstera borsigniana tidak memilikinya.

Keduanya juga memiliki lubang yang berbeda. Monstera borsigniana umumya memiliki lubang yang rapi dalam 2 baris. Sedangkan Monstera deliciosa bolongnya tampak tak beraturan.

Jadi, mana yang menjadi favoritmu? (bel/ono)