Gus Irsyad akan Terbitkan SE Penggunaan Songkok Bagi ASN

759
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf ajak ASN Pemkab Pasuruan mengenakan songkok nasional pada Kamis dan Jumat. Dalam waktu dekat, hal itu akan ditindaklanjuti dengan menerbitkan surat edaran bupati.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Irsyad dalam khotmil Qur’an yang dilaksanakan di seluruh perkantoran Pemkab Pasuruan, Kamis (03/12/2020) pagi.

Menurutnya, songkok sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam. Meski ia menyadari songkok sedianya bukanlah atribut muslim, karena telah menjadi atribut nasional.

“Songkok itu bukan atribut muslim saja, tapi lebih me-nasional,” katanya.
Ditambahkan Irsyad, pemakaian songkok nasional juga bagian dari cara terlihat lebih rapi dan santun. Untuk itu, imbauan pemakaian songkok ini akan ditindaklanjuti dengan surat edaran (SE) yang bisa diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Pasuruan.

“Kalau rapi, apalagi ditambah dengan pelayanan yang santun, dan lebih baik lagi, seorang ASN terlihat enak dilihat. Untuk itu, nanti akan saya tindak lanjuti dengan SE resmi untuk saya minta seluruh ASN yang laki-laki untuk memakai songkok,” tandasnya.

Sementara itu, imbauan pemakaian songkok setiap hari Kamis dan Jumat mendapat respon positif dari semua ASN Pemkab Pasuruan.
Billy (28), salah satu staf Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan mengaku sudah terbiasa memakai songkok meski belum ada imbauan langsung dari Bupati Irsyad. Kata dia, selain dipakai saat bekerja, songkok juga dipakai ketika ibadah salat.

“Bisa dipakai salat dan bekerja. Sudah saya pakai sejak kecil kalau mau ngaji di langgar (musala) atau mau ke masjid untuk salat,” ungkapnya. (mil/ono)