Rumah Ustaz di Kota Probolinggo Ambruk

909

Probolinggo (wartabromo.com) – Rumah seorang ustaz di Kota Probolinggo ambruk pada Kamis, 10 Desember 2020. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Bangunan berukuran sekitar 6×10 meter Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan tersebut, dihuni Achmad Sholeh (36) dan istrinya. Tempat tinggal yang berlokasi RT 8 RW 2 itu ambruk di bagian dapur dan kamar mandi, sekitar pukul 10.00 WIB.

Beruntung pemilik rumah saat itu sedang mengajar di Pondok Pesantren Nurul Islam di kelurahan setempat. “Adik saya sedang ngajar,” tutur Busairi, kakak korban.

Ia menduga robohnya rumah itu, disebabkan bahan bangunan, seperti kayu penopang yang telah lapuk. Sejak didirikan sekitar 10 tahun lalu, rumah ini dijelaskan belum pernah direhabilitasi.

Baca Juga :   RSUD dr. Saleh Probolinggo Miliki Alat Plasma Konvalesen Penyintas Covid19

“Sebelum ambruk, atap genteng itu sudah ditopang menggunakan kayu kelapa dan rengnya bambu. Kemungkinan itu dari bambunya, sudah gak kuat,” tambahnya.

Terlihat lima santri tempat Sholeh mengajar turut membantu membersihkan puing-puing bangunan rumah. Kejadian rumah ambruk ini sudah dilaporkan ke instansi terkait.

“Kita upayakan bantuan secepatnya. ke dinas sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Kota Probolinggo,” kata Lurah Triwung Lor, Yanuar Pujisulistio saat meninjau lokasi. (lai/saw)