Cakada Terpilih Diwanti-wanti Tak Kumpulkan Massa Rayakan Kemenangan

4918

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rekapitulasi perolehan suara sementara Pilkada 2020 masih berlangsung. Satgas Covid-19 wanti-wanti pasangan calon kepala daerah dan tim sukses tak kerahkan massa jika dinyatakan menang.

Hal ini disampaikan Prof. Wiku Adisasmito, Juru Bicara Pemerintah pada Kamis, (10/12/2020). Ia kemudian mengingatkan secara khusus kepada semua yang berkontribusi pada pilkada, tak terkecuali calon kepala daerah (cakada) terpilih, disiplin terapkan protokol kesehatan.

“Saya ingatkan, bahwa masyarakat dan juga pasangan calon dilarang melakukan pengerahan massa dalam pilkada, merayakan kemenangan setelah hasil hitung cepat keluar,” tegasnya dalam siaran pers melalui kanal youtube Sekretariat Presiden.

Ia menyebut, pilkada kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi covid-19 membuat warga harus lebih berhati-hati.

“Sehingga saya minta kedewasaan dan kebijksanaannya untuk tidak menyelenggarakan acara yang berpotensi memicu kerumunan apapun alasannya,” tambah Wiku.

Selain itu, Wiku juga meminta Satgas Covid daerah tetap tegas untuk menindak warga yang nakal dalam melaksanakan prokes. Apalagi, tahapan pilkada masih berlangsung.

Pasca coblosan, petugas masih harus melakukan rekapitulasi suara dari tingkat kecamatan hingga kota/kabupaten. Sebelum akhirnya dilakukan pelantikan kepala daerah.

“Saya meminta kepada masyarakat, penyelenggara pilkada serentak dan juga pimpinan daerah untuk terus menjaga kondusifitas pilkada yang sudah berjalan dengan baik sampai seluruh rangkaian pilkada tuntas,” tandas Wiku. (may/ono)