Hasil Final Suara Gus Ipul-Teno versi WartaBromo

1094
Gus Ipul didampingi tim pemenangan saat menyampaikan pidato kemenangan di posko utama Jalan Panglima Sudirman, Kota Pasuruan, Rabu (8/12/2020) malam. Foto: Romadoni.

Pasuruan (WartaBromo) – Proses input data hasil pilwali Kota Pasuruan 2020 akhirnya tuntas. Data suara dari 357 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 34 kelurahan di Kota Pasuruan telah masuk ke database.

Dan, hasilnya, pasangan Calon Wali Kota –Wakil Wali Kota (Cawali-Cawawali) Saifullah Yusuf-Adi Wibowo unggul dibanding pasangan Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Mas Adi meraih 68 persen suara. Sedangkan paslon Raharto Teno – M. Hasjim Asjari mendapat 32 persen.

Secara lebih detil, total suara sah yang masuk ke database mencapai 108. 408 ribu. Dengan rincian, sebanyak 73. 577 pemilih menjatuhkan suaranya kepada Gus Ipul. Sedangkan 34. 903 orang lainnya, memilih Teno.

Di tingkat kecamatan, Kecamatan Bugul Kidul tercatat sebagai kecamatan dengan kontribusi suara paling tinggi untuk Gus Ipul. Dari kecamatan ini, Gus Ipul mendulang 23.052 suara. Sedangkan Teno, meraih 9.327 suara.

Berada di urutan kedua adalah Kecamatan Panggungrejo, dengan raihan 22.245 untuk Gus Ipul dan 14. 892 untuk paslon nomor urut 2. Sedangkan Kecamatan Gadingrejo dan Purworejo, Gus Ipul meraup 16. 180 dan 12. 100 suara. Sementara Teno, memperoleh 5. 737 dan 4. 947 suara.

Cek disni perbandingan suara paslon 1 dan 2 di setiap kelurahan:

Dari sisi sebaran, Gus Ipul – Mas Adi yang diusung koalisi PKB, Golkar, PPP, PKS dan PAN unggul di 33 kelurahan. Itu artinya, dari 34 kelurahan yang ada di kota, paslon Teno- Hasjim hanya memenangi satu kelurahan. Satu-satunya kelurahan dimaksud adalah Kelurahan Tambakan, Kecamatan Panggungrejo.

Gagal mengembangkan perolehan suara dan hanya memenangi satu kelurahan sejatinya cukup mengejutkan. Pasalnya, merujuk hasil perolehan suara partai pengusung Teno, setidaknya ada lima kelurahan yang perolehan suaranya dari hasil pemilu 2019 lalu menguntungkan Teno.

Selain Tambakan, empat kelurahan lainnya adalah Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Pohjentrek, Kelurahan Bangilan dan Kelurahan  Kandangsapi. “Artinya, ada empat kelurahan yang berdasar perolehan pemilu 2019 milik Teno, pada pilwali kali ini beralih ke Gus Ipul,” kata Direktur Konten WartaBromo, Asad Asnawi.

Nah, untuk  mengetahui berapa perolehan suara paslon di masing-masing kelurahan, bisa dicek di peta di bawah ini:

Asad mengatakan, pilwali kali ini merupakan moment suksesi kepemimpinan yang paling istimewa bagi WartaBromo. Pasalnya, untuk pertama kalinya, portal media online dengan pembaca terbesar di Pasuruan Raya ini ikut mengerahkan puluhan relawan guna memantau perkembangan pungut dan hitung suara pilwali.

Selain memastikan gelaran pilwali sejalan dengan semangat demokrasi, kehadiran relawan itu juga sekaligus menginformasikan data perolahan suara kedua pasangan calon. Dengan begitu, siapa peraih suara terbanyak pada pilwali kali ini bisa segera diketahui.

Asad memastikan, seluruh data yang diinput berasal dari seluruh TPS yang tersebar di wilayah kota. Karena itu, ia pun menjamin bila hasilnya tidak akan banyak berubah dengan versi KPU nanti. “Pastinya memang masih menunggu pengumuman KPU nanti. Tapi, kemungkinan besar tidak banyak berbeda,” jelasnya.

Dikatakan Asad, kegiatan pool data ini merupakan bagian dari program Warmo Institute, satu unit bidang perusahaan yang fokus terhadap kegiatan-kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas. (tof/asd)