Sedia Ruang Belajar Online Gratis, Kartar Patriot Diapresiasi Dispersip Jatim

777

Probolinggo (wartabromo.com) – Keberadaan perpustakaan (perpus) Patriot yang dikelola Karang Taruna (karta) Brumbungan Lor, Probolinggo akhirnya mendapatkan apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Hal ini tidak terlepas dari pelaksanaan program Karta Patriot yakni ruang belajar online (RBO) gratis untuk pelajar dan mahasiswa di perpus tersebut.

Bentuk apresiasi dari Dispersip Provinsi Jawa Timur ini dengan langsung mengunjungi perpus pada pertengahan bulan lalu. Bahkan secara khusus pihak dinas mengirimkan 22 orang terdiri dari Pustakawan, Kabid, dan Arsiparis untuk mengunjungi Perpustakaan Patriot Desa Brumbungan Lor yang jadi satu-satunya perpustakaan di Jawa Timur yang dikelola oleh karta.

Baca Juga :   Lantik Pengurus Baru, Bupati Pasuruan : Banyak Karang Taruna Mati Suri

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meninjau pengelolaan perpustakaan dan pengelolaan administrasi, serta meninjau standarisasi RBO yang baru saja digagas,” kata ketua Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo, Faqih Rizky Muhammad.

Dalam kunjungannya tersebut  juga dibuka diskusi antara pengurus karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community ini dengan perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Kata Faqih, pihaknya menjelaskan, beberapa kendala yang dialami oleh pengurus Karta Heppiii Community, seperti misalnya proses pelaksanaan belajar bareng gratis dan RBO, termasuk mengenai fasilitas komputer sebagai sarana belajar yang jumlah komputernya terbatas.

Kemudian juga kata dia bahan pustaka di perpustakaan tersebut, termasuk juga soal honor.

Menanggapi hal ini Dispersip Provinsi Jatim berharap RBO tetap berjalan secara berkelanjutan dan mengaktifkan kembali Program Belajar Bareng Gratis yang beberapa waktu lalu sempat dinon-aktifkan akibat adanya penetapan zona merah pandemi di Kecamatan Gending. Pengaktifan kembali ini juga dengan memperhatikan standar protokol pencegahan COVID-19

Baca Juga :   Melihat Galang Donasi hingga Kirim Relawan ke Lokasi Banjir Ala Karta Probolinggo

Dispersip Provinsi Jatim juga akan mengusulkan untuk honor pengelola perpustakaan dan mentor untuk bisa dinaikkan kepada pihak yang berwenang. Termasuk juga bahan pustaka yang dibutuhkan. (yog/yog)