Ini Kata Jokowi Usai Disuntik Vaksin Covid-19

463

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mendapatkan vaksin Corona (Covid-19), Rabu (13/01/2021). Tak ungkap keluhan akibat suntikan, sang presiden justru mantapkan diri akan segera lakukan vaksinasi ke seantero negeri.

Pasca menerima vaksin yang dilakukan di Istana Negara, Jakarta tersebut presiden harus menunggu kurang lebih selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui apakah ada reaksi yang dirasakan setelah menerima suntikan vaksin buatan Sinovac itu.

Setelah 30 menit, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi ini kemudian memberikan pernyataan. ia mengatakan vaksinasi akan dilanjutkan ke seluruh provinsi, kabupaten dan kota di tanah air.

“Vaksinasi perdana ini dilakukan setelah kita mendapatkan izin penggunaan darurat EUA dari BPOM dan juga telah keluarnya fatwa halal dari MUI,” ungkap Jokowi.

Adanya kepastian izin penggunaan darurat dari BPOM dan fatwa halal dari MUI ini dinilainya penting sebagai bagian dari cara melindungi warga. Jokowi menandaskan jika vaksinasi perlu dilakukan bila ingin memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Vaksin ini nantinya akan memberikan perlindungan kesehatan, keamanan, dan keselamatan bagi semua masyarakat Indonesia, serta membantu percepatan proses pemulihan ekonomi,” tambahnya.

Sekalipun telah mendapatkan vaksinasi, Presiden RI ini menegaskan penerapan protokol kesehatan masih sangat penting dilakukan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan harus tetap diterapkan. (trj/ono)