Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Diminta Waspadai Lahar Dingin saat Hujan

591

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang kembali erupsi pada Sabtu (16/1/2021) sore sekitar pukul 17.24 WIB.

Meletusnya Gunung Semeru dikonfirmasi oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq melalui akun twitternya @thoriqul_haq

“Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilometer. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” jelas Bupati Thoriqul dalam keterangan tertulis di twitter, Sabtu (16/1/2021).

Mayarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya dihimbau agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.

Dalam hal ini, khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan yang tinggi, sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin.

Sementara itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan, erupsi Gunung Semeru terekam gempa Awan Panas Guguran dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi durasi 4.287 detik.

Saat ini Gunung Semeru masih berada pada level II atau ‘Waspada’ dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi lebih lanjut. (don/asd)