Semeru Erupsi, Tiga Kecamatan di Lumajang Hujan Abu

542

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru kembali erupsi pada Sabtu (16/01/2021). Hujan abu turun di tiga Kecamatan di Lumajang.

“Ya benar tadi terjadi Awan Panas Guguran Gunung Api Semeru, sekitar 4,5 Km dari puncak gunung mengarah ke Curah Kobokan dan Sumbersari,” terang Suharyono, salah satu relawan Laskar Semeru saat dikonfirmasi, Sabtu (16/1/2020).

Ditambahkan kemudian, Awan Panas Guguran menyebabkan tiga Kecamatan dilanda hujan abu. Diantaranya di Kecamatan Pasrujambe, Kecamatan Candipuro dan sebagian Kecamatan Senduro.

Bahkan, berdasarkan informasi yang dihimpun WartaBromo, di Pasrujambe sempat tercium bau belerang. Sementara di Kecamatan Senduro, hujan abu yang turun terpantau cukup deras.

Saat ini warga sekitar lereng Semeru ada yang memilih mengungsi di Masjid Nurul Huda Dusun Kamar A, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. Namun, tak sedikit juga yang menetap di rumah, sambil terus memantau kondisi Semeru.

Berdasarkan laporan Kementerian ESDM yang diterima WartaBromo, status aktifitas Gunung Api Semeru saat ini masih Level II (Waspada).

Disebutkan kemudian, terjadi 4 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, dan lama gempa 55-60 detik. 1 kali gempa Awan Panas Guguran dengan amplitudo 22 mm dan lama gempa 4287 detik dan 1 kali gempa Guguran dengan amplitudo 8 mm dan lama gempa 80 detik. (rul/may/ono)