4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Hunian Untuk Lansia

559
hunian untuk lansia

Pasuruan (WartaBromo.com) – Indonesia merupakan salah satu negara yang turut menyediakan hunian untuk lansia (orang lanjut usia). Hunian yang terkenal dengan sebutan “Panti Jompo” ini didirikan sebagai bentuk kepedulian kepada lansia yang tidak serta merta bisa tinggal dengan keluarganya di masa tua.

Sayangnya, di Indonesia fasilitas berupa “panti jompo” kurang memadai. Hal ini bahkan dikatakan oleh Dr. Fatmah selaku Ketua Pusat Kajian Kelanjutan Usia, Universitas Indonesia (UI).

“Kalau dilihat di Indonesia panti jompo masih kurang. Beberapa program pemerintah pusat dan daerah sudah mulai merambah ke lansia. Seharusnya lansia bisa mengakses dengan menggunakan fasilitas yang disediakan. Tak hanya itu, fasilitas non fisik juga dibutuhkan agar lansia masih bisa berpotensi untuk bisa bekerja, tetapi perlu perhatian,” jelasnya dilansir dari suara.com pada, Rabu (3/7/2019) lalu.

Untuk mendirikan hunian khusus lansia sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, harus ada hal-hal yang diperhatikan demi kenyamanan para orang tua lanjut usia. Apa saja? Simak, yuk!

1. Bersih dan Bebas Polusi

Saat mendirikan hunian untuk lansia, hal penting yang harus diperhatikan adalah kebersihan. Jangan sampai mendirikan panti jompi di lokasi yang rawan polusi. Pasalnya, hal ini berbahaya untuk kesehatan para orang tua lanjut usia yang rentan terserang gangguan pernapasan.

2. Bangunan dengan Desain Khusus

Selanjutnya, panti jompo juga harus didesain secara khusus agar para lansia bisa beraktifitas dan tinggal dengan nyaman. Desain khusus ini bisa berupa lantai yang datar, tersedianya pegangan di dinding dan jarak antar kamar dengan kamar mandi yang tidak terlalu jauh.

3. Suasana Sejuk

Selain bersih dan bebas polusi, hunian khusus lansia juga harus memiliki udara yang sejuk. Hal ini sangat membantu kondisi psikis orang tua yang cenderung moody saat memasuki usia lanjut. Untuk memunculkan kesejukan, bisa dilakukan dengan cara menanam tanaman hijau, maupun kebun kecil di bagian depan hunian.

4. Tersedianya Program untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Terakhir, tersedianya program untuk menjaga kesehatan fisik dan mental juga harus ada dalam panti jompo. Program ini dibutuhkan agar para lansia senantiasa merasa senang dan tenang.

Adapun program tersebut bisa berupa kegiatan bermusik, memasak bersama, olahraga hingga pengecekan kondisi kesehatan secara rutin. Sehingga, para lansia merasa terjamin kesehatan dan pola hidupnya. (trj/may)