Lingkar Pohon Capai 5 Meter, Pembersihan Beringin yang Tumbang Belum Rampung

584

Lumajang (WartaBromo.com) – Pembersihan batang pohon beringin yang tumbang di tengah Alun-alun Lumajang ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama. Petugas mengaku kesulitan memotong pohon karena diameter batang yang besar.

Meskipun sudah melibatkan jajaran Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Pol PP, Baznas Kabupaten Lumajang dan TNI Polri, sampai pukul 21.30 WIB pembersihan belum juga rampung. Padahal proses ini sudah dimulai pukul 17.00 WIB, dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati mengatakan, pohon beringin berusia 141 tahun itu memiliki diameter 5 meter. Meski telah terbelah menjadi 3 bagian, tak membuat petugas mudah untuk melakukan pembersihan.

“Dinas Lingkungan Hidup bersama BPBD dan Satpol PP melakukan penanganan dengan memotong batang pohon dan serpihan dahan sejak sore tadi, dibantu juga oleh TNI Polri,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu malam (17/1/2021).

Yuli menambahkan, pemotongan dan pembersihan sisa ranting pohon beringin akan dilanjutkan pada Senin (18/1/2021) pukul 07.30 WIB pagi ini.

Diberitakan sebelumnya, pohon ikon Alun-alun Lumajang tumbang karena faktor alam. Pohon disebut telah rusak dan keropos, meski sudah diberi perawatan khusus. (rul/may)