Pemkot Siapkan Rp2,6 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Karangketug

491

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Puluhan kios di blok loak Pasar Karangketug yang terbakar segera dibangun tahun ini. Pemkot Pasuruan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,6 miliar.

Plt Kepala UPT Pasar Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengatakan, revitalisasi Pasar Karangketug memang sudah menjadi prioritas pemkot di tahun 2021 ini. Apalagi kebakaran pada beberapa bulan lalu itu melahap habis kios yang berada di blok pasar loak.

“Sekarang masih perencanaan. Masih dikonsultasikan,” kata Ridho kepada WartaBromo, Rabu (20/01/2021).

Ridho belum bisa memastikan bagaimana rancangan pembangunan pasar tersebut nantinya. Namun, menurutnya lebih dari 60 kios baru untuk para pedagang akan dibangun kembali.

Langkah terdekat, lanjut Ridho, pihaknya bakal memindahkan bekas bangunan eks relokasi barber shop di Pasar Kebonagung ke Pasar Karangketug. Dengan begitu, pedagang tidak lagi menempati tenda-tenda disperindag saat berjualan.

“Supaya lebih representatif,” imbuh Ridho.

Sebelumnya Disperindag Kota Pasuruan juga berupaya mengusulkan 65 pedagang untuk mendapat BPUM sebesar Rp2,4 juta dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Namun hanya 25 pedagang yang terverifikasi.

“Sisanya nantilah kita upayakan dapat dari daerah,” imbuh Ridho.

Seperti diketahui, Pasar Loak Karangketug ludes dilahap api pada Rabu (04/11/2020) malam pukul 19.00 WIB. Akibat kebakaran ini, 82 kios ludes terbakar. (tof/ono)