Sah, Gus Ipul-Adi Wibowo Pemenang Pilwali Kota Pasuruan 2020

6858

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan Gus Ipul-Adi Wibowo sah ditetapkan sebagi pemenang Pilwali Kota Pasuruan 2020. Gus Ipul-Adi Wibowo unggul dari rivalnya, dengan perolehan 67% lebih.

Penetapan ini dilaksanakan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pilwali Kota Pasuruan 2020, Jumat (22/01/2021).

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari mengatakan, pada salinan buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU Kota Pasuruan tidak termasuk pihak termohon dalam sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP).

Sehingga atas dasar itu KPU Kota Pasuruan melaksanakan tahapan selanjutnya yakni penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilwali Kota Pasuruan 2020.

“Berdasar hal tersebut KPU Kota Pasuruan menetapkan paslon nomor urut 01 Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilwali Kota Pasuruan 2020,” kata Royce.

Baca juga: Teno-Hasjim Tak Hadir di Penetapan Gus Ipul-Adi Wibowo Sebagai Pemenang Pilwali Kota Pasuruan 2020

Pada Pilwali Kota Pasuruan 2020, pasangan Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo diusung oleh lima Parpol yakni PKB, Golkar, PAN, PKS, dan PPP. Mereka bertarung melawan pasangan Raharto Teno Prasetyo dan M. Hasjim Asjari yang diusung oleh 4 Parpol yakni PDI Perjuangan, NasDem, Hanura, Gerindra.

Dalam rekapitulasi suara tingkat kota, Gus Ipul dan Adi Wibowo memperoleh suara sebanyak 73.236 suara atau 67,9 persen. Sementara Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari memperoleh suara sebanyak 34.572 atau 32,0 persen. (tof/ono)

Simak videonya: