Pemkot Pasuruan Alokasikan Rp14,5 M untuk Seragam Gratis Siswa SD-SMP

1760
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Mualif Arief.

 

Termasuk Bantuan Ongkos Jahit Rp150 Ribu

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan tahun ini akan memberikan seragam gratis untuk pelajar SD-SMP. Anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan seragam sekolah ini sebesar Rp14,5 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Mualif Arief menerangkan, pemkot mengalokasikan dua setel seragam beserta ongkos jahitnya kepada pelajar.

Dikatakan Mualif, pelajar yang bakal menerima dua setel seragam ini adalah pelajar SD-SMP negeri dan swasta. Selain itu bantuan juga diberikan kepada pelajar MI dan MTS yang ada di Kota Pasuruan.

Di Kota Pasuruan sendiri ada 130 sekolah SD-SMP negeri dan swasta, sekaligus MI dan MTS. Sementara jumlah pelajar seluruhnya tercatat sebanyak 33.271 pelajar.

“Ongkos jahitnya dialokasikan Rp150 ribu untuk dua setel seragam,” kata Mualif kepada WartaBromo, Rabu (03/02/2021).

Pada tahun lalu, pemkot juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan seragam gratis sebesar Rp7,2 miliar. Namun pengadaan pada tahun lalu itu gagal lelang.

Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo saat itu mengungkapkan, gagal lelang itu disebabkan tidak adanya peserta lelang yang lolos sebagai penyedia.

Untuk itu, lanjut Mualif, agar tidak terjadi gagal lelang seperti tahun lalu, pihaknya mulai saat ini telah melakukan survei jenis kain hingga harga kain yang pas.

“Sekarang kita mulai survei. Kalau biasanya kain famatex, sekarang saya minta katun. Nanti proses lelangnya juga dikawal,” imbuh Mualif. (tof/ono)