Ramai Suara Dentuman Jelang Tengah Malam, LAPAN Belum Mendeteksi

1754

 

Bangil (WartaBromo.com) –  Suara dentuman di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Pasuruan, pada Selasa (2/2/2021) malam membuat heboh warga. Hingga kini, peristiwa itu masih menjadi teka-teki.

Pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan yang dikonfirmasi mengaku tak mencatat suara misterius tersebut.

Kepala LAPAN Pasuruan Dian Yudha mengatakan, pihaknya tidak mencatat adanya suara dentuman. Terkait kemungkinan suara itu berasal dari aktivitas di antariksa, Dian juga mengaku belum mendeteksinya.

“Dari LAPAN Pasuruan tidak ada. Untuk pemantauan dari aplikasi LAPAN terkait benda jatuh juga tidak ada,” kata Dian kepada Wartabromo.

Terkait suara misterius tersebut, kata Dian, belum bisa memastikan dari mana suara dentuman yang didengar oleh sejumlah warga.

Baca Juga :   Heboh Dentuman Misterius di Malang, Begini Penjelasan BMKG

“Menurut pendapat saya. Sangat mungkin itu suara lokal yg berbeda- beda dan bisa juga dari lokasi yg berbeda pula. Jadi seolah-olah suara dentuman terdengar sangat luas. Karena informasi yang didapat belum utuh dan tidak jelas,” tandasnya.

Sementara itu, suara misterius sempat terdengar oleh Choirun Nisa (29), warga Dusun Kedanten, Desa Wonokoyo, Kecamatan Beji. Nisa mengaku mendengar suara dentuman itu sekitar pukul 23.00 malam sampai 02.00 dini hari.

“Suaranya dum… dum.. dum.., Cendela juga bergetar seperti kena angin. Padahal tidak ada angin dan tidak ada hujan,” ucap Nisa

Sontak, hal itu membuatnya panik. Lantaran suara tersebut juga menyebabkan getaran sampai beberapa menit.

Baca Juga :   Planet Jupiter dan Saturnus "Berpelukan", Bagaimana Cara Melihatnya?

“Saya sampai tidak bisa tidur. Tembok-tembok sampai bergetar. Untung anak saya tidak terbangun,” cetusnya.

Sementara itu Avi K, (31) salah satu warga Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, juga merasakan hal yang sama.

“Suaranya itu blar, bler. Saya yang saat itu tidur bersama kelaurga saya sampai terbangun. Tembok dan cendela rumah bergetar,” ungkapnya. (oel/asd)