Suara Dentuman Misterius Tak Tertangkap Alat BMKG

1415

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Suara dentuman misterius di sejumlah daerah belum diketahui asalnya. Alat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tretes Kabupaten Pasuruan juga tak mampu mendeteksinya.

Sujabar, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes Kabupaten Pasuruan menjelaskan, suara dentuman tersebut sampai saat ini masih belum bisa terdeteksi dengan menggunakan alat dari BMKG.

“Sampai saat ini belum bisa memastikan sumber bunyinya apa dan dari mana,” kata Sujabar kepada wartabromo.com, Rabu (3/2/2021).

Ia menyebutkan, jika ada bencana seperti gempa, pihaknya masih bisa merekam dan mendeteksi. Namun bunyi seperti marinir yang terjadi dini hari tadi, tidak ada tangkapan suaranya.

“Kalau suara dentuman sebelum gempa kita bisa mendeteksi, biasanya ada sebelum gempa itu,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pabrik Rokok Apache PHK Ratusan Karyawan hingga Agenda Hari Jadi ke-334 Kota Pasuruan | Koran Online 4 Feb

Lebih lanjut, Sujabar mengatakan, cuaca ekstrem saat ini banyak petir yang terjadi. Namun, pihaknya masih belum bisa memastikan apakah suara dentuman misterius itu dari petir atau tidak.

“Kalo petir memang ada, tapi kita tidak bisa memastikan yang mana dari petir tersebut. karena cukup banyak,” sambungnya.

Baca juga: Ramai Suara Dentuman Jelang Tengah Malam, LAPAN Belum Mendeteksi

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di Pasuruan sempat mendengar suara dentuman misterius. Namun sejumlah warta masih belum tahu darimana asal suara itu.

Sementara itu, Pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan yang dikonfirmasi juga mengaku tak mencatat suara misterius tersebut. (don/may)