Tak Perlu Panik, Lakukan Ini Jika Serumah dengan Pasien Covid-19

9132
Anak kecil bermasker sedang menggunakan hand sanitizer. Foto Pixabay.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia membuat sebagian besar rumah sakit tak bisa menerima pasien terdiagnosis positif. Sehingga, pasien bergejala ringan atau tanpa gejala (OTG) diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah.

Namun ternyata muncul keresahan sendiri jika tinggal serumah dengan pasien Covid-19. Mulai dari ancaman kesehatan pribadi, was-was tertular dan sebagainya. Akibatnya, pasien Covid-19 malah merasa didiskrimasi dan kehilangan kepercayaan diri.

Padahal, hal tersebut bukan sebuah masalah yang mesti dibesar-besarkan. Pasalnya, dinukil dari detik.com, ada 3 hal yang bisa dilakukan seseorang jika serumah dengan pasien Covid-19. Apa saja? Yuk, simak!

1. Memastikan Rumah dalam Keadaan Bersih

Apabila serumah dengan pasien Covid-19, pastikan agar rumah dalam keadaan bersih. Mengapa? Sebab, hal ini menjadi poin penting untuk mencegah penyebaran virus.

Sesuai protokol kesehatan, semprotkan cairan disinfektan untuk menjamin rumah tetap steril. Tak hanya itu, kebersihan rumah juga mampu menangkal penyebaran virus dari individu satu ke individu lain.

2. Isolasi Mandiri

Jika mendapati salah satu anggota keluarga positif Covid-19, pastikan agar pasien tersebut diisolasi mandiri. Artinya, sediakan ruangan khusus, khususnya ruang tidur.

Kemudian bagi anggota keluarga lain yang serumah, hendaknya turut melakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus ke orang lain.

3. Konsumsi Vitamin dan Jaga Pola Makan

Berikutnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin sebagai penjaga imunitas tubuh. Untuk mendapatkan vitamin bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan maupun suplemen tubuh lain.

Tak hanya itu, pastikan juga untuk menjaga pola makan. Hindari ketidak konsistenan makan selama pandemi masih merebak. Pasalnya, hal ini dapat memicu penurunan imun tubuh. (trj/may)