Alasan Setir Mobil Ada yang di Kiri atau Kanan

448

Pasuruan (WartaBromo.com) -Bagi yang gemar mengemudi mobil, pernahkah bertanya tentang kenapa kemudinya ada di sebelah kanan? Atau bahkan menjumpai posisi kemudi sebelah kiri.

Tanpa di sadari, di berbagai negara mobil memiliki letak setir yang berbeda, ada yang di kiri dan di kanan. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari hal ini dan menganggap memang “sudah dari sananya”

Padahal, dinukil dari berbagai sumber, peletakan setir mobil ini memiliki alasan sendiri. Penasaran dengan alasannya? Yuk, simak!

Sebagaimana dijelaskan oleh seorang Kurator di Museum Transportasi Inggris, Stephen Lang, setir mobil di Amerika berada di sebelah kiri karena bermula dari sejarah.

Stephen menjelaskan bahwa hal ini bermula karena saat itu Amerika menolak sistem setir kanan yang diminta Inggris. Akhirnya, Amerika berhasil melepaskan diri dari keterikatan Inggris dan menetapkan sistem setir kiri.

Ia juga menjelaskan bahwa keberadaan setir mobil yang ada di kiri membuat pengemudinya mudah saat membawa senjata sambil mengemudi. Jadilah letak setir mobil di Amerika ada di kiri.

Berbeda dengan Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan letak setir mobil di kanan. Hal ini justru bermula sejak pemerintah kolonial Hindia-Belanda.

Saat itu, dianjurkan untuk memakai setir kanan. Sekaipun pada saat itu Napoleon Bonaparte dari Perancis merubah aturan menjadi setir kiri, ternyata hal itu tidak disetujui.

Alasannya adalah karena perubahan setir mobil dari kanan ke kiri memakan biaya cukup besar. Tak lama kemudian, masuklah Jepang ke Indonesia pada masa Perang Dunia ke-II.

Setelahnya, Dai Nippon turut menerapkan setir kanan. Hal tersebut diganyang sebagai sebab mengapa Indonesia menganut sistem setir kanan pada mobil.

Sekadar diketahui, tidak hanya Amerika saja yang menggunakan sistem setir kiri maupun Indonesia dengan setir kanan. Melainkan ada beberapa negara lain yang turut menjadi satu aliran sistem karena turunan dari alasan di atas.

Adapun negara yang setir mobilnya di sebelah kanan adalah Malaysia, Australia, Jepang, Inggris dan Indonesia. Sedangkan Amerika Serikat, Jerman, Swiss dan negara lainnya menggunakan sistem setir kiri. (trj/may)