Revitalisasi Poncol Jadi Mal Pelayanan Publik Digarap Tahun Ini

735

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rencana Pemkot Pasuruan menjadikan Mal Poncol menjadi Mal Pelayanan Publik mulai digarap tahun ini. Anggaran miliaran rupiah telah disiapkan oleh pemkot.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan, Senaidi mengungkapkan, tahun lalu pemkot sebenarnya telah menyiapkan anggaran untuk revitalisasi Mal Poncol.

“Tapi karena refocussing, jadi ditunda,” katanya kepada WartaBromo, Kamis (25/02/2021).

Akhirnya pemkot kembali merencanakan kembali revitalisasi Mal Poncol yang mangkrak bertahun-tahun itu pada tahun 2021 ini. Anggaran yang disiapkan pemkot untuk revitalisasi ini sebesar Rp1,8 miliar bersumber dari APBD 2021.

“Mal pelayanan ini kan memang dibutuhkan Kota Pasuruan. Untuk mempermudah masyarakat mengakses pelayanan publik,” imbuhnya.

Menurut Senaidi, nantinya Mal Poncol akan banyak yang direhab. Lantai atas akan dijadikan pusat pelayanan seperti Dispendukcapil, pelayanan perijinan, dan BPJS. Sementara lantai bawah nantinya akan dijadikan sentra UMKM.

Revitalisasi Mal Poncol ini sebelumnya juga sempat menjadi sorotan dewan. Sorotan itu diungkapkan oleh anggota Komisi I DPRD Kota Pasuruan, Raden Imam Joko Sih Nugroho.

“Fraksi PKS melihat masih adanya kelemahan dalam koordinasi dan sinkronisasi baik sisi anggaran maupun time-schedulenya. Tidak jelas siapa leading sector dari proyek ini,” kata politisi PKS tersebut. (tof/may)