Situs Sejarah di Kebun Strawberry Sapikerep Diduga Makam

1365

 

Sukapura (wartabromo.com) – Warga menemukan situs struktur batu di kebun strawberry di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Susunan batu itu diduga merupakan makam.

“Dari bentuknya diduga makam. Sebab kalau ini bak mandi, terlalu kecil,” kata Kepala Desa Sapikerep, Suwandi, Kamis (25/2/2021) saat ditemui di lokasi penemuan.

Selain susunan batu dugaan makam, ada beberapa peninggalan dalam bentuk lain. Apalagi sebelumnya ada beberapa penemuan sejarah lain, seperti arca, prasasti, dan uang koin.

Saat ini pihak desa masih menunggu kedatangan tim ahli dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Namun demikian, disebutkan ada komunitas pecinta sejarah Probolinggo yang sempat melihat temuan itu.

Baca Juga :   Kasun dan Kades di Jatiroto Carok hingga Beredar Video Mesra Diduga Oknum Dewan Probolinggo | Koran Online 29 Jan

“Menggunakan semacam alat pendeteksi, di sekitar sini ini banyak bendanya. Alatnya bunyi terus,” jelas Suwandi, seraya menunjuk area kebun strawberry.

Masih kata Suwandi, peninggalan sejarah ini diduga berasal dari                 era kerajaan Singosari. Bukan era Majapahit, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Hal itu membuat pihak desa berencana memindah kebun strawberry. Sehingga lokasi penemuan susunan batu bisa digali.

Sementara itu, Danramil Sukapura, Kapten Arh. Heri Widodo menyebut, pihaknya bersama tiga pilar, polri dan pemerintah desa akan melakukan penjagaan, supaya areal tempat ditemukan dugaan benda sejarah peninggalan kerajaan kuno itu aman. (lai/may)