Sampah Sungai Legundi Dibersihkan, Antisipasi Luapan Terjadi Kembali

429

Kedopok (wartabromo.com) – BPBD Kota Probolinggo terjunkan alat berat ke Sungai Legundi, yang sebelumnya meluap sampai ke jalan Prof. Hamka. Alat berat itu difungsikan untuk membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai, mengantisipasi kemungkinan banjir kembali terjadi.

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengungkapkan, saat ini ada dua unit alat berat jenis backhoe yang diterjunkan.
Dengan membersihkan sampah, jika air dari lereng pegunungan sewaktu-waktu datang, aliran sungai bisa lancar dan tidak meluap ke jalan raya seperti kemarin sore.

“Kemarin air disertai sampah dan material lain. Itu dikeruk dan diangkut dengan bak sampah. Agar aliran air lancar,” kata Sugito, Sabtu (27/2/2021).

BPBD mengimbau masyarakat untuk lebih waspada, terhadap potensi hujan deras dan kemungkinan bencana hidrometrologi. Sebab saat ini, masih termasuk dalam puncak musim hujan.

Pasca banjir yang menerjang kawasan selatan Kota Probolinggo, sekitar 50 petugas tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI dan Polri, masih bersiaga. Mereka juga membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir.

Seperti diwartakan, kawasan sepanjang jalan prof. Hamka diterjang banjir luapan dari kali legundi, Jumat (26/2/2021) petang. Luapan air itu disinyalir berasal dari bagian hulu sungai Legundi yang berada di lereng Bromo. Tepatnya di sekitar Kecamatan Kuripan dan Kecamatan Sumber. (lai/saw/ono)