Dikepung Banjir, Warga Biting hingga Selok Besuki Dievakuasi

563

Lumajang (WartaBromo.com) – Selain di wilayah Kota Lumajang, banjir juga menggenangi sebagian wilayah di Sukodono Lumajang. Warga pun dievakuasi.

Sejumlah titik di antaranya Situs Biting, baik perkampungan maupun perumahan. Ketinggiar air bervariasi, mulai se-lutut hingga se dagu orang dewasa.

Kemudian di jalur Selok Besuki, Kecamatan Sukodono, Lumajang. Ketinggian air mulai dari se-mata kaki hingga se-lutut orang dewasa.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan evakuasi pada warga.

“Pemkab Lumajang fokus evakuasi. Sampek sekarang jam 4 pagi, berlangsung dari sekitar pukul 11 tadi,” ujarnya pada Minggu (28/02/2021) pagi.

Evakuasi dititik beratkan pada lansia, anak-anak, orang sakit hingga ibu hamil. Mereka diungsikan ke tempat lebih tinggi. Setidaknya ada beberapa tempat yang jadi pengungsian dadakan warga seperti di Masjid Darussalam, Masjid Assalam, dan tempat tinggi lain.

“Pagi ini kita siapkan nasi bungkus. Kami mohon dengan segala hormat kalau ada yang mau bantu nasi bungkus, kami ucapkan trimakasih,” tutup Cak Thoriq.

Menurut informasi, banjir disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah Lumajang mulai Sabtu (27/02/2021) malam hingga Minggu dini hari. Beberapa sungai meluap seperti di antaranya sungai Winong dan Ploso. Sungai Bondoyudo juga dikabarkan penuh. (may/ono)