Antisipasi Banjir, Warga Prigen Grebek Sampah

1050

 

Prigen (WartaBromo.com) – Bukan sembarang gerebek, warga bersama Pemerintah Kecamatan Prigen grebek sampah, Minggu (7/3/2021) pagi. Ini dilakukan dalam rangka antisipasi banjir akibat sumbatan sampah.

Terlihat sejak pukul 06.00, puluhan warga dari berbagai elemen turun di sepanjang saluran air Jalan Raya Prigen. Jajaran muspika, karang taruna, dan sejumlah komunitas ikut menggrebek sampah.

Camat Prigen Tri Krisni Astuti menyampaikan dalam penanganan masalah sampah di Kecamatan Prigen dibutuhkan partisipasi dari masyarakat. Salah satu bentuk dari partisipasi itu adalah dengan adanya grebek sampah.

“Saya berterimakasih dengan adanya gerakan grebek sampah ini. Sehingga turut mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola sampah dengan benar, tadi saya lihat masyarakat ikut kerja bakti,” ucap Krisni usai menggrebek sampah.

Baca Juga :   2 dari 13 PSK yang Terjaring di Watu Adem Terinfeksi HIV/AIDS

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membersihkan sampah yang berada di saluran air sepanjang Jalan Raya Prigen. Meliputi Desa Candi Wates, Desa Gambiran, Kelurahan Prigen, dan Kelurahan Pecalukan.

Krisni berharap ada tindak lanjut untuk penanganan sampah di Kecamatan Prigen. Akan semakin baik jika nantinya bersinergi dengan kecamatan, kelurahan dan desa.

“Masalah sampah ini harus segera ditangani, oleh sebab itu, sampah harus menjadi tanggungjawab bersama untuk dikelola dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Prigen, Akhmad Shoim, mengatakan gerakan ini merupakan inisiatif dalam mengantisipasi banjir dan bencana. Dalam kegiatan ini, pihaknya mengajak sejumlah pihak untuk peduli terhadap lingkungan.

“Dalam rangka mengatasi banjir dan bencana, kami mengagendakan gerebek sampah. Sekaligus sebagai bentuk kepedulian kami pada lingkungan, nanti kami tindak lanjuti dengan pembuatan Biopori (resapan air), dan penanaman pohon di hutan-hutan yang gundul dan tepi jalan,” ungkap Shoim. (oel/asd)