Meluap, Sungai Petung Lumpuhkan Pantura

1183
Kali Petung di sekitar Jembatan Buk Wedi, Kelurahan Blandongan yang meluap pada Minggu (7/3/2021) malam hingga melumpuhkan jalur pantura. Foto: Amal Taufik.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hujan yang mengguyur Kota Pasuruan mengakibatkan Sungai Petung meluap ke Jalur Pantura pada Minggu (07/03/2021). Akibatnya, arus lalu lintas sempat terganggu.

Dua kelurahan di Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, yakni Kelurahan Bakalan dan Kelurahan Blandongan sempat tergenang banjir. Namun begitu, air yang masuk ke pemukiman tidak parah.

Sekretaris Kecamatan Bugul Kidul, Alfian Afandi membeberkan, di Kelurahan Bakalan air memang sempat masuk ke pemukiman namun tak sampai masuk ke dalam rumah warga.

“Hanya sampai di teras-teras saja tadi,” kata Alfian.

Dijelaskan Alfian, yang parah justru di Jalan Raya Pantura, tepatnya di Jembatan Blandongan. Di situ, yang mana merupakan perlintasan Sungai Petung, ketinggian air di jalan raya sempat sampai setinggi lutut.

Baca Juga :   Longsor di Tutur, Warga dan 4 Sapi Tertimbun Material

Akibatnya Jalan Raya Pantura lumpuh. Kendaraan-kendaraan, baik yang hendak ke arah Probolinggo atau ke arah Surabaya diarahkan lewat jalur dalam kota.

“Tadi jalan ditutup mulai di Jalan Balaikota dan pertigaan Blandongan,” imbuh Alfian.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengatakan, banjir di Jalan Raya Pantura mulai surut. Namun saat ini di sekitar jalan tersebut menyisakan lumpur-lumpur bekas banjir.

“Ini sekarang masih pembersihan bersama tim BPBD,” kata Samsul. (tof/asd)