Anti Penolakan, Ini Tips Jitu Minta Kenaikan Gaji Bagi Karyawan

1425

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kenaikan gaji atau upah kerja pasti diharapkan oleh sebagian besar karyawan. Berbagai cara dilakukan untuk mengambil hati atasan agar gaji yang diberikan bisa naik.

Sayangnya, sejauh ini banyak karyawan yang takut melakukan hal tersebut. Kebanyakan hanya memutuskan menunggu mukjizat perihal kenaikan gaji.

Lantas, apakah ada cara jitu meminta kenaikan gaji bagi karyawan? Tentu saja! Dinukil dari detik.com, ada 5 tips jitu minta kenaikan gaji. Ini dia:

1. Pahami Kondisi Perusahaan

Tips pertama yang sangat penting dilakukan adalah memahami kondisi perusahaan lebih dulu. Pastikan perusahaan dalam situasi normal, pasalnya hal ini berpengaruh besar pada tingkat keberhasilan negosiasi gaji nantinya.

2. Mintalah Kenaikan Tanggung Jawab

Teknik ini pernah diajarkan oleh Christoper Voss, seorang mantan agen FBI dan Ahli Negosiasi Sandera Kejahatann sekaligus Akademisi Amerika. Tips ini bahkan sudah banyak dicoba oleh para karyawan di Amerika dan hasilnya memuaskan.

Baca Juga :   Asyik! Pemerintah Bakal Beri Bansos untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta

Pada dasarnya, jika ingin meminta kenaikan gaji jangan sesekali berbicara tentang kebutuhan diri. Pikirkan sisi kebutuhan perusahaan. Untuk itu, daripada meminta naik gaji, lebih baik mintalah kenaikan tanggung jawab.

Bagaimana contoh kalimat meminta kenaikan tanggung jawab ini? Misalnya, “Bos, apa tantangan tersulit dari perusahaan ini? Coba saya bantu carikan solusinya,” Bisa juga, “Bos, apa proyek strategis perusahaan yang bisa saya bantu kelola?”

3. Bicarakan Masa Depan Perusahaan

Kesalahan terbesar yang dilakukan karyawan saat hendak meminta kenaikan gaji adalah mengungkit masa bakti kerja yang sudah ditempuh di perusahaan. Sebaiknya, tawarkan ide yang berpotensi untuk mendongkrak kemajuan perusahaan.

Misalnya dengan kalimat seperti ini; “Bos, saya ada ide dan saya yakin perusahaan bisa untung besar. Saya juga akan bantu kawal, tetapi bos saya butuh tim dan budget sedikit untuk menyempurnakan hasilnya nanti. Ini bos rancangan ide saya…”

Baca Juga :   UMK Kabupaten Pasuruan Tembus 3,8 Juta, Buruh dan Pengusaha Keberatan

Apabila atasan sudah tertarik dengan ide tersebut dan hasilnya mampu menaikkan profit perusahaan, maka atasan tidak akan berpikir panjang untuk menaikkan gaji.

4. Libatkan Atasan dengan Meminta Nasihat Karir

Pada umumnya, seorang atasan atau pimpinan yang baik akan suka jika dimintai nasihat. Tips ini akan membuat atasan tanpa sadar membocorkan requirement yang dibutuhkan untuk naik gaji.

Dengan begitu, karyawan bisa segera upgrade skill sesuai dengan peluang yang dibutuhkan. Misalnya, “Oh ternyata bos butuh orang yang bisa coding dan bahasa Inggris…”

5. Beri, Beri, Beri, dan Minta!

Tips terakhir adalah berusaha memulai perbincangan dengan segala hal yang bisa diberikan untuk perusahaan. Hindari meminta naik gaji secara langsung.

Baca Juga :   Gaji Kecil tapi Biaya Hidup Terus Naik? Begini Cara Mensiasatinya

Secara ideal, sekitar 80% isi pembicaraan adalah “Bagaimana cara membuat atasan bisa bekerja lebih santai tetapi mampu mendatangkan income lebih banyak.” Baru setelah atasan melihat itikad baik untuk memberi, secara perlahan mintalah penyesuaian gaji yang pantas.

Bagaimana mudah, bukan? Namun perlu diingat bahwa semua tips di atas jangan sesekali dicoba saat perusahaan tengah berada di masa sulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami situasi terlebih dahulu. (trj/ono)