Viral! Video Es Krim dari Nasi Padang, Begini Kata Ahli Gizi

4395

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Akun TikTok @siscakohl lagi-lagi mengunggah video berisi konten yang menuai komentar netizen. Pada hari Kamis (11/03/2021) ia mengunggah konten tentang makan es krim yang terbuat dari nasi padang.

Video berdurasi 59 detik tersebut sontak viral dan menuai ribuan komentar dari netijen. Pada video tersebut @siscakohl turut memperlihatkan proses dan bahan-bahan pembuatan es krimnya.

Dianggap aneh, video ini pun mendapatkan beragam komentar dari netijen. Apalagi ketika semua bahan (nasi, rendang, sayur singkong, perkedel, bumbu gulai, sambal, dan air panas) diblender menjadi satu.

“Hahahaha orang Padang langsung heran melihat ini, termasuk gue,” komentar akun TikTok @ekosaputra20.

Terlepas dari komentar netizen, dinukil dari kompas.com, seorang ahli gizi, dr Tan Shot Yen turut memberikan respon yang dikaitkan dengan sisi kesehatan.

Tan menjelaskan bahwa proses menelan makanan, haruslah melibatkan fungsi fisiologis alat cerna. Mulai dari gigi, enzim liur, hingga lambung melakukan pengolahan sebelum diserap di usus 12 jari.

“Itu sebabnya pencernaan berlangsung kurang lebih 3 jam, bukan 3 menit seperti asal ‘tenggak’,” ujar Tan saat dihubungi wartawan.

Tak hanya itu, Tan juga mengatakan bahwa makanan khas suatu daerah seperti nasi Padang seharusnya dikonsumsi dengan cara yang benar. Pasalnya, makan adalah bagian dari budaya dan komunikasi.

“Selain itu, makan juga bagian dari budaya dan komunikasi. Makan perlahan sambil dinikmati dengan ngobrol bersama keluarga memberi nilai yang tidak bisa diganti,” lanjutnya.

Menilik video penghalusan makanan menjadi es krim, Tan menyampaikan bahwa tindakan tersebut hanya untuk menarik perhatian warganet. Oleh karena itu, ia mengimbau agar makan secara sehat, yakni dengan tetap melibatkan fungsi fisiologis alat cerna. (trj/may)