Melihat Galang Donasi hingga Kirim Relawan ke Lokasi Banjir Ala Karta Probolinggo

903
Sejumlah anggota karta di Probolinggo sedang menggalang dana untuk disumbangkan ke korban banjir di kawasan Probolinggo, Jawa Timur

Probolinggo (wartabromo.com) – Anak-anak muda Karang Taruna di wilayah Probolinggo menggelar aksi sosial galang dana untuk korban banjir di Kecamatan Dringu, Probolinggo, Jawa Timur. Aksi galang dana ini akan berlangsung sepekan ini sebelum akhirnya dikirim ke lokasi bencana.

Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Dwi Haryantoro mengatakan sejumlah karta yang digawanginya ini selalu rutin melakukan aksi sosial saat ada bencana, baik itu di seputaran Probolinggo maupun luar Probolinggo.

Untuk bencana banjir di Probolinggo ini ada 11 karta yang terlibat menggalang donasi, kemudian menjadi tim relawan juga di daerah bencana. 11 karta itu adalah Karta Couple Laweyan, Patriot Brumbungan Lor, Boto, Karta Sapikerep, Sukapura, TKP4, Kalibuntu, Singowongso, Andeng, Arban dan Papeda.

“Untuk banjir di Kecamatan Dringu, Probolinggo ini kami juga akan mengirimkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan lainnya seperti pempers untuk anak-anak,” kata Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Dwi.

Sebelum mengirimkan sembako itu, beberapa anggota karta secara serempak melakukan aksi kegiatan galang dana di sejumlah titik di kawasan Probolinggo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Hasil donasi segera dibelanjakan sembako dan selalu diupdate total dana yang terkumpul sebagai bentuk transparansi komunitas.

“Setelah itu kami mengirimkan anggota komunitas kami untuk datang langsung ke lokasi bencana sebagai relawan. Mungkin kami akan ikut bantu bersih-bersih gotong royong di lokasi bencana,” ungkapnya.

Pihaknya akan berkolaborasi dengan komunitas lainnya untuk kegiatan tanggap bencana ini.

Menurutnya, antusiasme anggota karta sangat tinggi ketika diajak melakukan kegiatan sosial seperti membantu korban bencana ini. Selain keliling galang donasi, anggota karta juga ada yang standby di basecamp yang difungsikan sebagai posko bantuan bencana.

Sebelumnya sebanyak empat desa di Kecamatan Dringu Probolinggo diterjang banjir sejak Senin (8/3). Empat desa itu yakni Desa Kedungdalem, Dringu, Kalirejo, dan Tegalrejo. Empat desa tersebut berada di Kecamatan Dringu.

Informasi dari BPBD Probolinggo, banjir sempat meluas hingga Desa Jorongan di Kecamatan Leces. (yog/yog)