Mental Miskin, Check! Apa Kamu Termasuk?

11509

Pasuruan (WartaBromo.com) – Saat ini banyak orang belajar mengatur keuangan agar mencapai status “kaya” Sayangnya, saking takut tak bisa mencapai target, sebagian besar individu malah menampakkan mental miskin.

Waduh gimana tuh?

Orang yang bermental miskin terlalu takut gagal mencapai “kekayaan” yang diinginkan. Padahal kaya atau tidaknya seseorang tergantung dari kondisi psikologi.

“Sebenarnya, pengelolaan keuangan melibatkan pengaturan yang prosesnya bersifat sangat pribadi dan terjadi terus menerus. Sayangnya, masalah keuangan yang sebetulnya menyentuh sisi psikologis individu justru jarang terungkap,” kata seorang Psikolog, Roslina Verauli.

Selain itu, dinukil dari beritasatu.com, Vera menyebutkan ada beberapa ciri-ciri seseorang bermental miskin. Wah, apa saja, ya? Ini dia!

1. Punya Pikiran “Kalau Tidak Pelit Tidak Bisa Kaya”

Seseorang yang bermental miskin pasti akan berusaha menyimpan hartanya dengan baik. Itu semua dilakukan untuk kepentingannya sendiri, bahkan saat orang lain membutuhkan, seorang bermental miskin enggan untuk membantu.

Baca Juga :   Begini Cara Menghadapi Anak Durhaka pada Orang Tua

Membantu orang lain meski dengan nominal kecil hanya akan membuat tabungan atau harta simpanannya berkurang. Oleh karena itu dalam pikirannya tersemat “Pelit pangkal kaya”

2. Ingin Hasil Instan

Pepatah mengatakan “Proses tidak akan mengkhianati hasil”. Sayangnya kalimat tersebut tidak berlaku bagi orang-orang yang bermental miskin. Mengapa demikian?

Sebab orang yang memiliki mental miskin menganggap bahwa proses hanya buang-buang waktu. Apalagi jika prosesnya harus menggunakan materi. Jelas saja mereka segan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak pasti.

3. Menyalahkan Keadaan dan Orang Lain

Saat mengalami masalah, sebagai orang berakal normal seharusnya berpikir sejenak. Bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang terjadi dan mencari solusi.

Baca Juga :   Tips Khatam Alquran Selama Ramadan, Coba Yuk!

Beda halnya dengan orang bermental miskin yang takut mengambil risiko. Saat dikukung masalah, ia akan menyalahkan keadaan dan menunjuk orang lain sebagai alibi untuk melindungi diri sendiri.

4. Menggantungkan Nasib ke Tangan Orang Lain

Saking tidak ingin rugi, orang yang memiliki mental miskin lebih suka menggantungkan nasib ke tangan orang lain. Artinya, ia tidak ingin dirugikan dalam menghadapi suatu hal.

5. Tukang Minta-Minta

Pernah punya teman yang berasal dari keluarga mampu tetapi gemar minta-minta kepada teman lainnya? Pasti elfeel bukan melihatnya?

Nah, siapa sangka jika ternyata orang yang suka meminta-minta adalah ciri-ciri pribadi yang bermental lemah. Wah, apakah kalian juga demikian?

6. Senang Dikasihani

Mental miskin yang sudah terbesit dalam diri seseorang membuat pribadinya kehilangan rasa malu. Akibatnya, ia akan memasang wajah sedih dan melas agar mendapat belas kasihan dari orang.

Baca Juga :   Absurdnya Aturan di Negeri Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Menurutnya, mendapatkan belas kasihan dari orang dapat mendatangkan keuntungan. Tentu saja, ia pikir dengan demikian dirinya akan cepat kaya.

7. Bergaya Mewah Sebagai Kompensasi Inferioritas

Ciri terakhir yang paling mencolok dari seorang bermental miskin bisa dilihat dari penampilan. Untuk mendapatkan kesan mewah, ia akan berusaha bergaya mewah hanya untuk kompensasi inferioritas.

Tak hanya itu, dari kesan mewah yang ditampilkannya, ia berharap mendapatkan pengakuan dari orang lain. Sehingga dengan begitu, ia bisa memanfaatkan orang lain agar tidak merugikan dirinya sendiri.

Wah! Setelah membaca ketujuh ciri mental miskin di atas, yuk segera berkaca. Jangan-Jangan kita masih tergolong orang yang memiliki mental miskin! (trj/may)