Ban Meletus, Truk Muatan Batu Apung Terguling di Pantura Probolinggo

1068

Gending (WartaBromo.com) – Truk bermuatan batu apung terguling di jalan pantura ruas Desa Randupitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo pada Senin, 22 Maret 2021. Meski muatan tumpah ruah di jalan, pengemudi truk selamat.

Kecelakaan tunggal itu, bermula ketika truk dengan nopol L-9906-AA melaju dari arah timur. Mendekati pabrik penyedap rasa, tiba-tiba ban belakang sebelah kiri truk bermuatan batu apung tersebut meletus.

Hal itu membuat Rizka Harowi (26) warga Desa Gunung Kidul, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, tak mampu mengendalikan laju kendaraan yang dikemudikannya.

Badan truk warna hijau itupun terguling ke arah kiri. Muatan batu apung yang dikemas dalam karung putih tentu saja tumpah ruah ke jalan trans nasional itu. Beruntung di saat bersamaan, tak ada kendaraan lain melaju di belakang maupun samping truk.

“Muatan batu apung di belakang truk hampir sampai menutup jalan dari arah timur ke barat sampai bikin macet. Tapi setelah polisi datang, kemacetan berhasil diurai,” terang Hasan, salah satu warga Kecamatan Gending.

Kanitlaka Satlantas Polres Probolinggo, IPTU I Nyoman Harayasa memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pengemudi hanya mengalami luka ringan. “Tidak ada, meskipun di pagi hari biasanya ramainya kendaraan atau pengguna jalan lalu lalang, tapi untung hanya laka tunggal dan tidak ada korban jiwa selain sopir truk yang mengalami luka ringan,” kata dia.

Agar tak terjadi kemacetan panjang, anggota unit laka lantas segera menghubungi mobil derek. “Karena muatannya hampir menutup jalan, jadi kami minta bantuan warga dan mobil derek untuk menepikan kendaraan ke bahu jalan agar tidak macet,” tandas pria berkacamata itu. (cho/saw/ono)