Banser Jatim Gelar Rakorwil, Perkuat Barisan untuk Membantu Masyarakat

1061
SATU KOMANDO: Kasatkorwil Banser Jawa Timur, Gus Irsyad Yusuf saat sambutan pembukaan rakorwil yang digelar di Hotel Permata Biru Prigen-Pasuruan, Sabtu (3/4).

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pengurus Satuan Koordinator Wilayah Barisan Ansor Serbaguna Jawa Timur periode 2019-2023 menggelar Rapat Koordinasi Wilayah. Dalam rapat koordinasi yang digelar pada 3-4 April 2021 di hotel Permata Biru Prigen itu, bertujuan untuk memperkuat struktur organisasi dan pembahasan program Banser ke depan.

Kasatkorwil Banser Jawa Timur, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, Rakorwil tahun ini untuk menyamakan persepsi Banser se-Jatim terkait program kerja. Mengangkat tema “Konsoliadasi Banser Jatim, Solid Satu Komando”. Tujuannya agar bisa menyatukan kekuatan Banser se-Jawa Timur.

  • PENGUATAN BARISAN: Ketua PW Ansor Jatim, Gus Syafiq (dua dari kiri) memberikan SK Pengukuhan Pengurus Koordinator Wilayah Banser Jawa Timur kepada Kasatkorwil, Gus Irsyad Yusuf.

“Intinya untuk konsolidasi Banser se-Jatim, dalam rangka penyusunan program kerja Banser Jatim ke depan. Kita menata program-program, diklat-diklat untuk banser di Jatim,” kata Gus Irsyad, ditemui usai acara pembukaan Rakorwil, Sabtu (3/4).

Penyusunan program yang dimaksud adalah pendidikan dan pelatihan bagi anggota Banser di Jawa Timur. Sekaligus, dalam rakorwil ini merupakan momentum bagi Satkorwil Banser Jatim menyatukan kekuatan dan merapatkan barisan.

PERHATIAN MASYARAKAT: Banyak program kerja yang sudah disusun Satkorwil Banser Jawa Timur untuk masyarakat.

“Ini momentum untuk konsolidasi dan merapatkan barisan, sekaligus menata keorganisasian dan efektivitas Satkorwil Banser Jatim,” tambah pria yang juga Bupati Pasuruan ini.

Saat pembukaan, Gus Irsyad memakai seragam Banser lengkap dengan segala atributnya. Salah satu poin pembahasannya adalah peran Banser dalam membantu pemerintah untuk menanggulangi terorisme dan pengamanan kegiatan masyarakat. Langkah ini bekerjasama dengan aparat penegak hukum dan pemerintah setempat.

“Nanti dibahas dan kita bagi-bagi tugas di beberapa segmen yang terdapat di banser. Salah satunya itu (untuk penanganan terorisme, pengamanan dan penanganan hal-hal kemasyarakatan). Makanya kita nanti mendorong peran seperti Baritim yang nantinya kader-kader kita melayani masyarakat di basis nelayan, Balakar untuk membantu pemadam kebakaran di hutan atau kebakaran lain, Bagana untuk membantu tanggap bencana, dan segmen-segmen lain,” bebernya.

Sementara itu, dalam upaya membantu aparat kepolisian untuk pengamanan hari Peringatan Paskah 2021, Banser di seluruh Jawa Timur siap untuk diterjunkan. Tergantung kebutuhan yang diminta oleh penegak hukum.

“Itu di wilayah Satkorcab masing-masing, jumlah yang diterjunkan, tergantung dari Kapolres dan Dandim setempat, permohonan bantuan yang diminta berapa, intensitas dan situasi di tiap kabupaten/kota,” tandasnya.

Acara yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini, dihadiri oleh sejumlah petinggi PW Ansor Jatim. Di antaranya, Ketua PW Ansor Jatim Syafiq Syauqi, didampingi Sekjen PW Ansor Jatim Ghufron Sirodj.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga hadir setelah acara pembukaan Rakorwil. Wakil Bupati Pasuruan K.H. Abdul Mujib Imron, dan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan H.M Sudiono Fauzan juga hadir.

Hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, di antaranya, Kapolres pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan Ramdhanu Dwiyantoro, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian dan sejumlah Kiai. Tentunya, hadir pula Kasatkorcab se-Jawa Timur dan Pengurus Satkorwil Banser Jawa Timur.

Dalam acara yang digelar di Wilayah Kabupaten Pasuruan ini sekaligus mengukuhkan Pengurus Satkorwil Banser Jawa Timur periode 2019-2023.

“Selain Rakorwil, tadi juga sekalian pengukuhan pengurus Satkorwil Banser Jatim periode 2019-2023,” pungkasnya. (oel/day/*)