Lorjuk Khas Madura Ternyata Bisa Diolah Jadi Makanan Ini Lho!

498

 

Pasuruan (WartaBromo.com) -Kerang bumbu atau dalam bahasa Madura disebut “Lorjuk” ini ternyata menjadi salah satu seafood yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Hanya saja tak banyak orang mengetahui olahan apa saja yang bisa dibuat dengan lorjuk.

Sejauh ini orang hanya menjadikan lorjuk sebagai bahan tambahan dalam masakan guna menambah rasa sedap. Padahal ada banyak makanan sederhana yang bisa diolah menggunakan lorjuk.

Ada empat olahan makanan yang bisa dibuat menggunakan lorjuk. Apa saja kira-kira? Simak, yuk!

1. Campor Lorjuk

Salah satu kuliner khas Madura yang tidak boleh dilewatkan adalah Campor Lorjuk atau Soto Lorjuk. Kuliner satu ini isinya berupa lontong, lorjuk, dan kecambah yang disiram dengan kuah merah. Biasanya diberi tambahan keripik tette, keripik singkong khas Madura.

Kini penyajian campor lorjuk cukup bervariasi, ada yang ditambahkan tetelan sapi atau iga. Bisa pula diberi tambahan tahu setengah matang yang gak kalah lezat.

2. Kacang Lorjuk

Ingin membuat camilan ringan dari lorjuk, apakah mungkin? Tentu saja mungkin! Bolo warmo bisa mengolah lorjuk sebagai campuran kacang tanah.

Bagaimana cara membuatnya?

Bolo Warmo tinggal membersihkan kacang tanah dari kulitnya, rendam menggunakan air bawang dan garam. Setelah itu tiriskan dan goreng ke dalam minyak panas bersamaan dengan lorjuk yang sudah dibersihkan.

3. Sambal Goreng Lorjuk

Selain untuk camilan, ada juga olahan lorjuk yang cocok sebagai pendamping nasi. Sambal goreng lorjuk bisa menjadi menu makanan rumahan yang gak kalah menggunggah selera.

Sambal goreng lorjuk cukup mudah dibuat dengan bumbu yang mudah didapat. Bolo Warmo cukup menggunakan bawang merah, bawang putih, laos, dan cabai sebagai bumbu. Tambahkan pula kecap supaya makin sedap.

4. Rengginang

Siapa yang tidak kenal dengan rengginang? Hampir semua orang bahkan pernah memakannya, apalagi saat momen lebaran.

Jika pada umumnya rengginan hanya terbuat dari ketan putih saja, kini bolo warmo bisa mencampurnya dengan lorjuk. Hanya saja, pengolahannya membutuhkan waktu cukup lama hingga benar-benar kering.

Rengginang lorjuk biasanya dijual dalam bentuk kemasan dan siap untuk disantap. Selain buat camilan sendiri di rumah, rengginang dengan cita rasa khas ini juga cocok buat oleh-oleh.

Selain keempat olahan makanan di atas, apa bolo warmo punya rekomendasi makanan lain yang terbuat dari lorjuk? (trj/may)