Hikmah Puasa Ramadan, dari Sisi Kesehatan hingga Sosial

845

Pasuruan (WartaBromo.com) – Allah Swt mewajibkan umat muslim untuk berpuasa Ramadan. Kewajiban ini tidak hanya berlaku untuk manusia di zaman sekarang, melainkan juga kepada kaum-kaum sebelumnya.

Perlu diketahui, Allah Swt tidak serta merta mewajibkan suatu ibadah kepada hamba-Nya jika tidak mengandung manfaat maupun hikmah. Sama seperti puasa Ramadan ini, ada banyak hikmah yang bisa didapatkan bagi kaum muslimin yang menjalankannya

“Syeikh Ali Al-Jurjawi, dalam kitabnya “Hikmah Al-Tasyri Wa Falsafatuhu, menyebutkan banyak hikmah di dalam melaksanakan puasa,” ujar Ustadz Khudori Nachrowi saat menyampaikan tausiyah di program Ngalim Wartabromo.

Apa saja hikmah-hikmah puasa Ramadhan yang bisa didapatkan? Yuk, simak!

1. Menjadikan Manusia Bersyukur Kepada Allah Swt

Hikmah pertama adalah berupa diluaskan rasa syukurnya kepada Allah. Artinya, setiap individu akan merasa bersyukur atas karunia yang diberikan Allah karena masih diberi kesempatan berjumpa dengan Ramadhan di tahun ini.

2. Mengajarkan Manusia Untuk Benar-Benar Menjaga Amanah

Menjalankan puasa Ramadan merupakan suatu bentuk tanggung jawab bagi seorang muslim. Mengingat perintah ini diutus langsung oleh Allah, maka sebagai hamba yang taat sudah seharusnya menjaga amanah agar benar-benar melakukannya.

Apabila seseorang berkewajiban puasa Ramadan tetapi tidak amanah dan menyia-nyiakan puasa, maka orang tersebut mengabaikan amanah Allah Swt.

3. Menjadikan Manusia Memiliki Sifat Selayaknya Malaikat

Orang yang menjalankan puasa Ramadan dengan bersungguh-sungguh akan memiliki sifat selayaknya malaikat. Di mana malaikat tidak makan dan minum serta tidak menuruti hawa nafsunya.

“Sebagaimana kita menjalankan puasa Ramadan, tidak makan, tidak minum, tidak hubungan sebadan dan tidak menuruti syahwat-syahwat lain yang bisa membatalkan puasa ramadhan,” jelas Ustadz Khudori.

Lebih lanjut dijelaskan, orang yang berpuasa Ramadan juga jauh dari sifat kebinatangan. Pasalnya, hewan akan menyantap dan mengkonsumsi apa yang ada di depan matanya dan hal itu jelas berbeda dengan manusia yang berpuasa.

4. Menjaga Keseimbangan Pencernaan Organ Perut

Hikmah berikutnya adalah membuat perut manusia sementara istirahat mencerna makanan mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Dengan demikian, pencernaan organ perut menjadi seimbangan dan terjaga kesehatannya.

5. Menjadikan Diri Ingat Kepada Sesama Manusia yang Hidup Lebih Susah

Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi setiap Muslim untuk meningkatkan ketakwaan, nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan puasa orang dapat merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang yang kurang mampu. (trj/may)