Pasien Positif Covid-19 Boleh Berpuasa, Asalkan…

472
Rumah isolasi pasien Covid-19 di Kota Pasuruan.

Pasuruan (wartabrom.com) – Ramadan tahun ini masih belum bisa melalui pandemi Covid-19. Warga yang terinfeksi virus ini pun juga masih bertambah.

Meski begitu, ibadah puasa tetap wajib dijalankan oleh umat Islam. Untuk itu, pasien Corona tetap berpuasa asalkan tubuhnya kuat.

“Kalau tanpa gejala boleh puasa, nggak ada keluhan yah tidak apa-apa,” ungkap Shierly Marlena, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan saat dihubungi wartabromo.com, Kamis (15/4/2021).

Untuk pasien Covid-19 yang rawat jalan dan melaksanakan puasa, dianjurkan bisa beristirahat dengan cukup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak menurun meskipun saat berpuasa.

Shierly menambahkan, pasien Covid-19 yang rawat jalan atau orang tanpa gejala sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat dan yang mudah dicerna oleh pencernaan. Salah satunya mengkonsumsi buah dan sayur.

“Kalau pasien memiliki gejala seperti sesak, panas dan gejala lainnya, dianjurkan tidak berpuasa terlebih dahulu,” katanya.

Sebab, ada cairan obat yang akan dimasukkan ke dalam tubuh pasien tiap beberapa jam. Sehingga lebih baik untuk tidak berpuasa. (don/may)