Al-Qur’an Penyembuh Penyakit Hati

1178

Pasuruan (WartaBromo.com) – Al-Qur’an diturunkan Allah SWT tak hanya sebagai kitab suci umat Islam saja. Melainkan sebagi syifa’ (obat) bagi segala penyakit.

Sebagaimana dikatakan Ustaz Sajumin Zainuddin, Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk pengobatan alternatif yang efektif. Khususnya untuk mengobati penyakit lahiriyah dan batiniyah (hati).

“Allah berfirman, Al-Qur’an diturunkan sebagai obat dan penyembuh bagi orang-orang mukmin, khususnya menyembuhkan penyakit hati dan penyakit lahir,” ujarnya pada program Ngalim WartaBromo.

Ustaz Sajumin menambahkan, yang menjadi salah satu bentuk penyakit hati adalah rasa iri dan dengki. Di mana, sebagian besar manusia cenderung tertanam rasa tersebut dalam hatinya.

Lantas, bagaimana cara Al-Qur’an menyembuhkannya? Yakni dengan memahami isi dari kandungan Al-Qur’an. Di antaranya dengan melihat ke bawah soal harta dan melihat ke atas dalam hal keilmuan.

“Kalau ada orang berhasil mendapatkan ilmu pengetahun lebih, maka kita harus memacu diri agar bisa lebih berilmu. Sedangkan dalam urusan dunia, jangan sampai melihat ke atas karena urusan dunia tidak akan habisnya,” tutur Ustaz Sajumin.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan agar di bulan Ramadan ini bisa membaca Al-Qur’an dengan rajin dan istiqomah.

“Mari kita tingkatkan bacaan Al-Qur’an ini menjadi suatu bacaan yang istiqomah. Kalau misalnya di luar Ramadan kita hanya membaca 1-2 lembar, maka di bulan Ramadan kita tingkatkan 1 juz setiap harinya,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, membaca Al-Qur’an dengan murotal dan suara-suara yang merdu dapat menenangkan diri. Bahkan, bisa menyembuhkan diri dari segala bentuk penyakit, khususnya penyakit hati.

“Mudah-mudahan di bulan Ramadan ini senantiasa menambah keberkahan dan senantiasi dijadikan ahli Qur’an oleh Allah SWT,” tutupnya. (trj/ono)