Berikut Tips Supaya Kamu Tidak Bergosip saat Puasa

770

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menjalankan ibadah puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, lho. Tapi, juga menghindari hal-hal yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala puasa.  Seperti bergosip alias rasan-rasan.

Tapi, mungkin juga kegiatan yang satu ini sulit dihindari. Karena bagi sebagian orang, bergosip bersama teman menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa menghindari gosip bersama teman saat puasa? Nah, Bolowarmo tak perlu bingung, dinukil dari beberapa sumber, berikut ini beberapa tips supaya kamu terhindar dari bergosip-ria:

1. Cek Informasi yang Didapat

Meski berpuasa, tentu saja tak menghalangi Bolowarmo untuk tetap kumpul bareng teman,bukan?Saat berkumpul, pasti ada saja bahan obrolan yang dibicarakan.

Baca Juga :   Amalan Terbaik di Bulan Ramadan, Apa Saja?

Keseruan macam ini yang kadang membuat Bolo terbawa arus untuk bergosip bareng teman. Untuk itu, sebelum terbawa arus lebih jauh, Bolo bisa menghentikan obrolan sejenak dan mengecek dulu informasi yang diterima.

Dengan mengecek fakta sebenarnya, Bolo tidak hanya terhindar dari dosa. Selain itu juga mencegah reputasi orang lain ternoda dan menjaga agar tidak menyebarkan rumor tidak berdasar.

2. Intropeksi Diri

Momen bulan Ramadan juga bisa menjadi sarana untuk kamu melakukan intropeksi diri. Sebelum masuk ke dalam zona bergosip bareng teman, mungkin ada baiknya Bolowarmo menyelami diri sendiri dengan pertanyaan renungan.

Contoh pertanyaannya seperti ini, “Bagaimana rasanya saat ada orang lain bergosip tentang aku?”, “Apa aku pantas bergosip tentangnya?”, “Apakah aku adalah manusia yang tidak memiliki kekurangan?” dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Cincau, Si Hitam Penuh Manfaat

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa membantu Bolo menghindari situasi bergosip bersama teman yang membuat nilai ibadah berkurang. Sekaligus, menjaga lisan dari obrolan buruk tentang orang lain.

3. Kurangi Waktu Berkumpul

Melakukan kegiatan di bulan Ramadan, tidak jauh berbeda dengan melakukan pada bulan biasanya. Pasti ada jam-jam bebas untuk beristirahat sejenak dari rutinitas dan biasanya diisi dengan berkumpul bersama teman.

Apabila sudah berkumpul, kemungkinan untuk bergosip jauh lebih besar. Daripada harus bergosip bareng teman, Bolowarmo bisa mengurangi waktu berkumpul.

Bolowarmo bisa menggunakan waktu puasa lewat amalan-amalan baik sepanjang bulan Ramadan ini. Dengan membentengi diri, Bolo bisa terhindar hal yang bisa merusak esensi dari puasa. (trj/asd)