Tanda-Tanda Menjelang Kematian yang Tak Banyak Disadari Orang

12185

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setiap yang hidup pasti akan mati, tak terkecuali manusia. Siap atau tidak, jika waktunya telah tiba, maka tak seorang pun dapat menghindarinya.

Ternyata sudah ada tanda-tanda menjelang kematian yang sebenarnya bisa diketahui, meski tak banyak orang menyadari hal itu.

Dinukil dari alodokter.com, ada lima tanda menjelang kematian yang selama ini tak disadari orang. Apa saja? Yuk, simak.

1. Perubahan Nafas yang Signifikan

Beberapa penelitian menyebutkan, napas seseorang akan berubah jadi lebih cepat, lebih dalam, dan lebih tidak teratur jelang kematiannya. Selain itu, tubuh secara alami akan memproduksi dahak dalam sistem pernapasan.

Pada pasien normal,dahak akan dikeluarkan secara alami melalui batuk. Beda halnya jika seseorang mendekati ajal, maka dahak akan menumpuk dan menimbulkan bunyi pada tarikan napas.

2. Tak Mau Makan dan Minum

Menjelang kematian tubuh manusia tidak mampu lagi memproses makanan dengan baik. Oleh sebab itu, ia cenderung menolak makan atau minum dan terlihat kesulitan dalam mengonsumsi sesuatu.

3. Hilangnya Aktivitas Batang Otak

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia, dr. Kevin Adrian Djatin menjelaskan hilangnya aktivitas batang otak merupakan salah satu tanda jelang kematian.

Menurut ilmu medis, tandanya berupa pupil mata melebar dan tidak bereaksi terhadap cahaya. Serta, tidak ada kedipan mata ketika kornea dirangsang.

4. Hanya Mampu Mendengar

Pendengaran menjadi panca indera terakhir yang berfungsi jelang kematian seseorang. Oleh karenanya, saat seseorang dalam kondisi sekarat, dibacakan doa-doa di dekat telinganya.

5. Suhu Tubuh Turun Secara Drastis

Tanda berikutnya bisa diketahui dari penurunan suhu tubuh. Apabila seseorang mendekati ajalnya, suhu tubuhnya akan menurun drastis. (trj/ono)