Menteri KKP Proyeksikan Gili Ketapang Jadi Sentra Kerapu dan Lobster

532

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo diproyeksikan sebagai sentra budidaya ikan kerapu. Paket pengembangan pun digelontorkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

“Pulau Gili Ketapang dan di sekitarnya dapat dikembangkan untuk budidaya kerapu dan budidaya lobster,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat berkunjung ke Kabupaten Probolinggo, Minggu, 2 Mei 2021.

Sebagai tindak lanjut, KKP memberikan bantuan 10.000 ekor benih kerapu cantang senilai Rp63 juta kepada Pokdakan Gili Aqua Mina. Ada juga 400.000 ekor benih udang vaname senilai Rp6 juta kepada Pokdakan Sumber Abadi, 400.000 ekor benih udang vaname senilai Rp3 juta kepada Pokdakan Randu Bandang, serta 400.000 ekor benih udang vaname senilai Rp6 juta kepada Pokdakan Lito Barokah.

“Di pantainya ini akan dikembangkan udang dan komoditas lain. Nanti saya akan turunkan Dirjen Perikanan Budidaya yang akan kerja sama dengan Dinas Perikanan. Kemudian nanti akan kita lihat tahun depan. Intinya nanti akan ada estate estate yang menjadi unggulan-unggulan,” tegasnya.

Bantuan selanjutnya berupa 1 paket sarana biloflok senilai Rp200 juta kepada Pondok Pesantren Nurul Falah, Pondok Pesantren Nuriddahlani, Pondok Pesantren Al Amin, dan Pondok Pesantren Hidayatut Tholibin.

“Saya ingin bekerjasama, pemerintah pusat dengan pemerintah daerah langsung yang berhubungan dengan rakyat, khususnya adalah untuk pengembangan sektor ekonomi di sektor kelautan. Dari pengembangan ekonomi masyarakat di sektor perikanan dan kelautan,” tandas menteri.

Sementara itu Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari mengungkapkan, pihaknya telah belajar ke Balai Benih di Situbondo, yang tengah mengembangkan budidaya lobster dengan sistem keramba jaring apung.

“Kita sedang menunggu hasil dari Situbondo, jika hasilnya bagus, seharusnya secara ilmiah karena kondisi geografis dan pantainya mirip, maka juga bisa dikembangkan di Kabupaten Probolinggo,” kata Tantriana Sari.

Pihaknya, kata Tantri, diberikan tugas oleh Menteri KKP untuk menyusun potensi perputaran ekonomi, hingga tenaga kerja yang terlibat. Sehingga dapat dilihat potensi dan hal yang memungkinkan untuk dikembangkan di Kabupaten Probolinggo.

“InsyaAllah ke depan akan disupport berkaitan dengan industri budidaya perikanan di Kabupaten Probolinggo, baik itu budidaya air laut, payau, maupun tawar,” sebut Bupati Probolinggo 2 periode itu. (lai/saw/ono)

Simak videonya: