Ingin Kulit Bayi Tetap Sehat? Perhatikan Hal Ini

360

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menjaga kesehatan kulit bayi adalah hal penting yang perlu diperhatikan orang tua. Mengingat kulit bayi cenderung sensitif dan membutuhkan perawatan ekstra.

Menurut dokter spesialis kulit, dr. Armansjah Dara Sjahruddin, kulit bayi sangat sensitif dan tipis. Tak heran jika kulit bayi sering mengalami masalah, seperti dermatitis atopik, ruam popok hingga skabies.

“Kulit bayi sebaiknya lembap, sebab terkadang bisa saja dari keringat bayi karena pakai diaper dan adanya atopik jadi trigger, akhirnya terjadi dermatitis diaper,” kata Armansjah.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin menghindari masalah dan menjaga kulit bayi tetap sehat?

Dinukil dari liputan6.com, ini hal yang perlu diperhatikan:

1. Menggunakan Produk Bayi yang Mengandung Bahan Alami

Sebagai orang tua cerdas, sebaiknya cermat memilih produk bayi. Pastikan produk tersebut mengandung bahan alami.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis anak. Apalagi jika kulit bayi rentan mengalami alergi.

2. Hindari Penggunaan Bahan Kimia

Saat ini tak sedikit produk bayi yang dicampur dengan bahan kimia tambahan. Harganya pun terbilang murah jika dibandingkan dengan produk bayi berkualitas unggulan.

Apabila sebagai orang tua tak jeli memperhatikan hal ini, maka kulit bayi akan mengalami masalah serius.

“Dampak dari penggunaan produk bayi yang mengandung bahan kimia seperti paraben dan SLS akan terlihat setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu,” jelas dr. Armansjah.

3. Memilih Pakaian Berbahan Katun

Untuk menghindari kulit bayi mengalami iritasi, pilih pakaian bayi berbahan katun. Pastikan pakaiannya tidak terlalu dipenuhi aksesoris renda.

Pakaian bayi berbahan katun selain lebih bisa menyerap keringat, juga nyaman digunakan oleh bayi. Pastikan bahan katunnya juga lembut di kulit ya. (trj/may)