Jangan Sampai Salah Konsumsi Buah Ini, Jika Tidak Ingin Keracunan

657

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Buah-buahan memang kaya akan kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, ternyata ada juga lho buah yang bisa menjadi racun apabila tak dikonsumsi dengan tepat.

Sejauh ini buah-buahan memang salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dimakan guna memenuhi kebutuhan gizi. Hanya saja, tak banyak orang tahu apabila ada beberapa buah-buahan yang berubah menjadi racun apabila tak dikonsumsi dengan benar.

Dinukil dari Kompas.com, inilah buah yang bisa berubah jadi racun jika salah mengkonsumsinya:

1. Belimbing

Buah belimbing banyak disukai karena memiliki rasa dan bentuk yang khas. Namun siapa sangka? Ternyata buah ini sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit ginjal.

Baca Juga :   Setelah 8, Pasien Positif di Lumajang Jadi 10

Kenapa? Sebab belimbing mengandung neurotoxin yang mematikan. Racun tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan cegukan, muntah, kelemahan, maupun kebingungan.

Serta, menyebabkan agitasi psikomotor, hingga kejang epilepsi yang bertahan lama. Pada beberapa kasus, racun yang ada pada buah belimbing juga bisa menimbulkan koma dan kematian jika masuk ke tubuh penderita penyakit ginjal.

2. Nanas

Manis, asam, dan segar menjadikan nanas sangat cocok dijadikan rujak. Namun, di balik segala kenikmatan yang ditawarkan, nanas ternyata termasuk sebagai buah yang berbahaya untuk ibu hamil.

Menurut dr. Devia Irine Putri, nanas tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Ini karena buah tersebut mengandung enzim bromelain, yang bisa memicu pelunakan pada serviks.

Baca Juga :   BNI Ganti Uang Nasabah Korban Skimming hingga Daftar 151 Pinjol Diblokir | Koran Online 14 Okt

3. Kacang Mete

Mete merupakan jenis ‘kacang’ yang berasal dari jambu monyet. Jika diolah dengan cara yang tepat, kacang mete bisa memberikan rasa yang nikmat.

Namun, apabila dikonsumsi saat masih mentah, kacang mete dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Ini karena kacang mete mentah dilengkapi dengan senyawa racun yang disebut urushiol.

4. Leci

Gemar mengonsumsi leci? Buah ini memang memiliki rasa manis dan asam yang bikin lidah bergoyang. Sayangnya, leci juga mengandung racun yang dapat menyebabkan gula darah sangat rendah (hipoglikemia) saat masih mentah.

Bagi orang yang mengalami penyakit gula darah rendah atau menderita kekurangan gizi, racun dalam leci yang masih mentah dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Mulai dari demam, ensefalopati atau disfungsi otak, hingga kematian. (trj/may)