Ini 2 Pantai di Lumajang yang Berpotensi Tsunami hingga 18 Meter

6014

Lumajang (WartaBromo.com) – Dua pantai di Lumajang berpotensi terjadi tsunami. Bahkan dalam skenario terburuk, ketinggian mencapai 18 meter.

Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG dalam Webinar Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur mengatakan, dalam sejarah, ada 6 peristiwa tsunami di Jawa Timur sepanjang sejarah.

“Dari sejarah data yang terekam sampai hari ini, akhirnya kami menyusun sistem pemodelan matematis potensi tsunami di Jawa Timur,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Dalam pemodelan tsunami dengan skenario terburuk, didapatkan 10 lokasi pesisir di Jawa Timur yang berpotensi tinggi. Dua di antaranya berlokasi di Kabupaten Lumajang.

Kata Dwikorita, ada 2 pantai di Lumajang yang berpotensi tsunami. Keduanya yakni Pantai di Kecamatan Pasirian dan Pantai TPI di Tempursari. 

Baca Juga :   Bromo Diduga Sengaja Dibakar hingga Umrah Dibuka | Koran Online 12 Okt

“Pantai di Pasirian ini ketinggiannya genangannya mencapai 18 meter, juga Pantai di Tempursari, mencapai 18 meter,” sebutnya.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Tsunami di Lumajang Capai 18 Meter

Sementara itu, pantai di Kabupaten Lumajang, memiliki Estimasi Ketinggian Tsunami yakni 13-16 meter, dengan Estimasi Waktu Tiba 23-26 menit.

Sedangkan tinggi maksimum potensi tsunami yakni di Pantai Kabupaten Trenggalek, yang mencapai 26-29 meter. Kemudian waktu tiba tsunami tercepat yakni di Kabupaten Blitar dengan estimasi waktu 20-24 menit. (may/ono)